oleh

APBDP 2020 Perlu Difinalisasi Sebelum dapat Nomor Registrasi

TIMIKA – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Tahun 2020 yang telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten Mimika, masih difinalisasi sebelum akhirnya memperoleh register dari Pemerintah Provinsi Papua.

Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng sekaligus Ketua Badan Anggaran (Bangar) DPRD dalam jumpa pers di Mana Bakery, Jumat (30/10) mengatakan setelah dilakukan evaluasi terhadap APBD P 2020 yang dilaksanakan di Jayapura bersama TAPD Provinsi Papua dan Badan Anggaran DPRD serta Tim Anggaran Eksekutif, ada beberapa program kerja yang perlu difinalisasi lagi.

Tahapan finalisasi ini sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada pekan ini, namun karena adanya cuti bersama maka pada pekan depan baru APBD P 2020 ini bisa mendapatkan registrasi dari Pemprov Papua.

“Setelah evaluasi dengan TAPD Provinsi Papua, di situ ada beberapa yang harus difinalisasi. Sebenarnya dalam minggu ini, tapi karena libur, pasti minggu depan sudah ada nomor registrasi,” jelas Robby.

Lanjutnya, beberapa program yang diusulkan Eksekutif dalam rapat paripurna memang ditolak oleh fraksi yang ada di DPRD. Hal ini menurutnya merupakan hal lumrah yang biasa terjadi. Dalam penetapan suatu anggaran sebutnya, memang dipastikan akan ada perbaikan (rasionalisasi).

Politisi Partai Golkar ini sendiri meyakinkan publik jika tidak ada penolakan dari Pemprov mengenai program yang sudah disetujui oleh Legislatif dalam APBDP 2020. Namun, Pemprov meminta Tim Anggaran Eksekutif bisa merasionalisasikannya kembali sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Yang ada diminta untuk Tim Anggaran Eksekutif untuk dirasionalisasikan sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Saat ini Tim Anggaran sedang melakukan rasionalisasi dan perbaikan sehingga diharapkan pekan depan sudah ada nomor registrasi untuk realisasi APBDP 2020.

Setelah dirasionalisasi, maka ia tambah Robby akan menandatangani dokumen tersebut untuk selanjutnya dibawa ke Pemprov guna memperoleh nomor registrasi.

“Kami dari DPRD (ketua) pasti akan tanda tangani ini, tapi untuk ditolak itu tidak ada, kami sudah bahas bersama, tidak masalah,” imbuh Robby.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *