oleh

500 Surat Kendaraan Yang Belum Uji Kir Masih Ditahan

TIMIKA – Sejak tahun 2019 hingga saat ini, tercatat 500 surat kendaraan yang masih ditahan di Kantor Seksi Sarana Prasarana dan Standarisasi Bidang Angkutan Darat Dinas  Perhubungan Kabupaten Mimika.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Standarisasi Dishub Mimika, Dev Tatiratu kepada Radar Timika, Senin (2/11) mengatakan, sebanyak 500 surat-surat kendaraan yang ditahan hingga saat ini belum diambil pemiliknya.

Kata dia, surat kendaraan tersebut ditahan saat Dishub Mimika melakukan sweeping.  Dan berkas yang ditahan hingga saat ini yakni SIM, STNK, pajak dan buku KIR.

“Sampai sekarang ada 500 surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan yang masih tahan. Kami harap pemiliknya bisa datang ke kantor untuk mengambil, serta mengurus kelengkapan kendaraannya. Sekaligus melakukan uji KIR,” ungkapnya.

Ia menuturkan, surat-surat itu ditahan karena kendaraan tersebut belum melakukan uji kir, dan sebagian kendaraannya juga ada yang Kir sudah mati namun belum diperpanjang lagi.

Ia menyebutkan, semestinya kendaraan itu wajib dilakukan uji kir. Selain untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara, pengujian kir ini juga sebagai bentuk sumbangsih pemilik kendaraan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Mimika.

Ia berharap kepada Satlantas Polres Mimika saat melakukan operasi Zebra atau Aperasi Matoa, diharapkan dapat menjaring kendaraan yang belum uji kir, terutama truk-truk pengangkut material dan bahan pokok.

“Jadi harus ada tindakan tegas dengan sangsi tilang bagi mereka yang lalai untuk uji kir, ke depannya kami akan koordinasi lagi dengan Satlantas Polres Mimika,”tukasnya. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *