oleh

Disperindag Mulai Lakukan Tera dan Tera Ulang

TIMIKA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mulai melakukan sidang tera dan tera ulang terhadap berbagai Alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapanya (UTTP) di kawasan Pasar Sentral, Selasa (3/11).

Sidang tera dan tera ulang terhadap UTTP ini sendiri kata Kadisperindag, Michael R Gomar adalah salah satu upaya pemerintah untuk memberikan jaminan kepada masyarakat dan pedagang, kepastian hukum yang menggunakan peralatan satuan, UTTP. Sehingga, tugas dan tanggung jawab Disperindag adalah melakukan keabsahan, legalitas dan kebenaran dari seluruh UTTP kepada para pedagang yang sudah menggunakannya.

“Ini adalah salah satu tugas kami yang wajib dilakukan setiap tahun, baik kepada seluruh pedagang dan pengusaha yang menggunakan peralatan UTTP,” jelasnya.

Pelaksanaan sidang tera dan tera ulang juga sebut Gomar dilaksanakan guna memberikan kepastian hukum kepada pelanggan atau konsumen, sehingga mereka yang melakukan transaksi jual beli benar-benar mendapatkan manfaat, satuan ukur, timbangan, takar yang pas beserta perlengkapannya.

Kepada alat ukur yang sudah dilakukan legalitas, maka para konsumen dan pedagang akan mendapatkan kepastian hukum.

Selanjutnya apabila ada kesalahan yang dilakukan oleh para pedagang terhadap penggunaan UTTP ini, maka pihaknya kata Gomar mempunyai hak untuk melakukan penyegelan terhadap UTTP yang digunakan oleh pedagang yang bersangkutan.

Kedepannya kata Gomar, di tahun 2021 pihaknya akan melengkapi bidang metrologi dan UTTP untuk menjangkau objek tera di Mimika.

“Kedepan seluruh perlengkapan yang kami butuhkan untuk melakukan sidang tera dan tera ulang di Kabupaten Mimika bisa tersedia, dan kami bisa melakukan pelayanan maksimal kepada pedagang dan pengusaha yang menggunakan UTTP,” jelas Gomar.

Agenda tera dan tera ulang ini sendiri akan berlangsung sampai tiga pekan kedepan. Ia berharap kepada para pedagang bisa bekerja sama agar sidang tera dan tera ulang bisa berjalan dengan maksimal.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *