oleh

Kadisperindag Sebut Sampah di Pasar Sentral Mulai Tertata

TIMIKA – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Michael R Gomar, mengungkapkan jika penanganan sampah di Pasar Sentral kini mulai tertata dengan cukup baik. Pihaknya menyediakan bak sampah untuk memisahkan jenis sampah yang dibuang oleh para pedagang.

Agar semua pedagang dapat tertib membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, pihaknya sebut Gomar, Senin (2/11) sudah mensosialisasikannya kepada masyarakat. Walaupun ia mengakui penataan ini belumlah maksimal, namun pihaknya berusaha agar sampah-sampah di Pasar Sentral ini bisa terbagi dan dibuang pada bak yang telah disediakan.

Berdasarkan jenis sampah yakni sampah basah dan kering, kata Gomar ini sudah disosialisasikan kepada para pedagang agar dibuang pada bak yang telah disediakan.

“Kami sudah sosialisasikan ini kepada pedagang agar buang sampah pada bak yang telah disediakan, buang sesuai dengan jenis sampah. Kalau dikatakan maksimal memang belum, tetapi paling tidak sudah mulai agak bersih untuk penanganan sampah di Pasar Sentral,” sebut Gomar.

Lanjutnya, kedepan pihaknya berharap agar tahun depan dengan koordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk tersedianya fasilitas satu unit dump truk dan tempat sampah dari DLH yang akan menjadi tanggung jawab UPTD Pasar Sentral, baik untuk pengelolaanya untuk penanganan maupun operasional tenaga pengangkut sampah, tenaga kebersihan, cleaning service dan tenaga pengangkut sampahnya.

Sampai saat ini Pasar Sentral menyediakan 10 unit bak sampah yang dibagi ke masing-masing blok sesuai pembagian jenis sampah. Tahun depan kata Gomar, pihaknya berencana juga untuk mengembangkan industri pengelolaan sampah di dalam Pasar Sentral.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *