oleh

Seleksi Sekda, Bupati Sudah Tiga Kali Bersurat ke KASN

TIMIKA- Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) defenitif Kabupaten Mimika sudah lama kosong. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, posisi ini diduduki Penjabat Sekda yakni Drs Marthen Paiding, MMT yang sudah pensiun dan kini dilanjutkan Jeni Usmany, SPd MPd. Jabatan ini juga sempat diisi oleh Nicolaas Kuahaty sebagai pelaksana tugas.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH sebenarnya sedang mengusulkan pengisian Sekda melalui proses seleksi. Tapi prosesnya tidaklah mudah. Panitia seleksi sudah dibentuk, tapi belum bisa menjalankan proses seleksi.

Bupati Omaleng yang ditemui di kantor Bapenda, Selasa (3/11) kemarin mengatakan untuk melanjutkan proses seleksi harus ada persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Suratnya sudah tiga kali, tapi dari sana belum ada persetujuan,” katanya.

Jadi Bupati Omaleng masih menunggu jawaban dari KASN sebelum melanjutkan proses seleksi. “Kami lagi tunggu. Setelah ada persetujuan dari KASN turun baru bisa seleksi,” ujarnya.

Jabatan Sekda defenitif terakhir kali diduduki Ausilius You, SPd MM MH pada 2018 lalu. Sejak diganti, tidak ada lagi pejabat defenitif, hanya Penjabat Sekda yang diduduki Drs Marthen Paiding, MMT hampir dua tahun.

Setelah Marthen Paiding memasuki usia pensiun, terjadi kekosongan. Bupati Omaleng menunjuk Nicolaas Kuahaty yang menjabat sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika untuk merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Mimika. Namun penunjukkan Nicky Kuahaty menuai polemik karena status kepegawaiannya yang disebut masih merupakan PNS di Kabupaten Kaimana.

Mengakhiri polemik itu, Bupati Omaleng akhirnya mengangkat Jeni Usmany, SPd MPd sebagai Penjabat Sekretaris Daerah yang dilantik pada Rabu (19/8) lalu di Pendopo Rumah Jabatan Bupati berdasarkan Keputusan Bupati Mimika Nomor 821.2-09 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Saat pelantikan, Bupati Omaleng memberikan tugas kepada Jeni Usmany untuk melaksanakan proses seleksi sekda defenitif. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *