oleh

Belum Ada Usulan Tambahan Dana Parpol

TIMIKA – Setiap tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mengalokasikan anggaran bantuan bagi partai politik pemenang pemilihan umum. Nilainya Rp 4.600 per suara sah yang diperoleh partai politik.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mimika, Yan Purba yang ditemui di Bobaigo Keuskupan Timika, Kamis (5/11) kemarin mengatakan untuk penambahan dana Parpol ia sudah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Dari penjelasan BPK RI diungkapkan Yan Purba, untuk penambahan dana parpol harus berdasarkan usulan dari parpol sendiri. Usulan itu kemudian ditindaklanjuti Pemda Mimika dengan membentuk panitia untuk merumuskan nilai sehingga angka yang ditetapkan bisa dipertanggungjawabkan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sampai saat ini belum ada surat dari parpol yang mengusulkan tambahan dana sehingga Pemda Mimika pun tidak menindaklanjuti. “Kalau sudah ada kita teruskan ke Pak Bupati, dibentuklah panitia kecil untuk merumuskan. Setelah selesai diserahkan ke Bupati untuk ditetapkan,” jelasnya.

Sementara itu untuk alokasi dana parpol tahun ini diungkapkan Yan Purba mulai dicairkan. Sebanyak 15 parpol sudah mengajukan pencairan dan sudah ditindaklanjuti. Badan Kesbangpol sudah mengeluarkan rekomendasi pencairan ke Badan Pengelola dan Aset Daerah (BPKAD).

Pencairan dana parpol kata dia tergantung dari parpol sendiri dalam mengumpulkan dokumen. Terakhir Parpol yang sudah mendapat rekomendasi adalah Partai Golkar yang merupakan peraih suara terbanyak untuk pemilihan legislatif di Mimika. dimana total dana parpol untuk Partai Golkar sebesar Rp 136 juta.

Ia berharap setelah menerima dana bantuan, parpol juga membuat laporan pertanggungjawaban. Dimana dana itu digunakan untuk pendidikan parpol, dana sekretariat dan lainnya. (sun)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *