oleh

Kampung Mawokauw Jaya Mulai Laksanakan Pendataan Stunting

TIMIKA – Kampung Mawokauw Jaya Distrik Wania mulai melaksanakan kegiatan pendataan stunting di 12 RT. Pendataan stunting ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Pemerintah Pusat, guna mengetahui jumlah penderita maupun anak-anak yang bergejala stunting di kampung ini.

Kepala Kampung Mawokauw Jaya, Edyson Rafra resmi melepas para petugas kesehatan bersama kader-kader Posyandu, aparat pemerintahan kampung dan petugas lapangan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemetaraan Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Jumat (6/11) di balai kampung.

Edyson mengatakan penanganan stunting di Kabupaten Mimika menjadi perhatian serius pemerintah, sehingga hal ini dimulai dari pendataan. Hal ini juga merujuk dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang menunjukan jika di Mimika, yang menjadi perhatian untuk kasus stunting ada di Distrik Wania khususnya di Kampung Nawaripi dan Mawokauw Jaya.

“Data stunting yang paling terbanyak itu ada di Wania, yakni di Kampung Nawaripi dan Mawokauw Jaya. Untuk itulah kami melakukan pendataan sesuai dengan kebijakan nasional,” ujarnya.

Dalam pendataan ini sebutnya, akan dilakukan terhadap anak-anak mulai umur 0-5 tahun serta ibu hamil. Pendataan ini sendiri dilakukan terhadap 23 anak yang terkena stunting berdasarkan data dari Puskesmas Wania.

Dengan pendataan ini, diharapkan masyarakat akan lebih mempercayai peranan pemerintah dalam penanganan kasus stunting. Dimana, kegiatan ini bukan saja hanya sebatas pendataan, namun untuk tindakan atau penanganan berikutnya yakni bersama pihak terkait tetap akan dilaksanakan.

“Kalau kita hanya data berarti asal-asalan. Ini penting karena stunting ini kan penyakit, maka akan ditangani bersama pihak terkait,” tutup Edyson.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *