oleh

Tahun 2021, Pusat Daur Ulang Hingga Rumah Kompos Dibangun di TPA Iwaka

TIMIKA – Usulan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika untuk penanganan sampah di Timika ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapat jawaban. Tahun 2021 mendatang, tiga program sekaligus akan dikerjakan oleh KLHK.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mimika, Limi Mokodompit yang ditemui di kantornya, Senin (2/11) lalu mengatakan, ada tiga program dari pusat yang akan dikerjakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Iwaka pada Tahun 2021 mendatang.

Tiga program itu yakni pembangunan pusat daur ulang, bank sampah dan rumah kompos. Semuanya akan didanai langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Itu sudah pasti dibangun. Kami yang usulkan nanti pusat yang bangun,” kata Limi.

Limi mengatakan, usulan itu sebenarnya sudah disampaikan dua tahun lalu. Bahkan ia hadir langsung untuk memaparkan kepada Kementerian LHK dan akhirnya mendapat persetujuan. Pemda Mimika melalui DLH akan menyiapkan lahan untuk pembangunan ketiga fasilitas tersebut.

Selain program dari pusat, DLH Mimika juga tengah mengusulkan beberapa program, salah satunya insinerator untuk pengolahan limbah medis. Supaya limbah dari semua fasilitas kesehatan bisa dibawa ke sana dan dibakar. Nantinya itu bisa menghasilkan pendapatan asli daerah bagi pemerintah daerah.

“Tahun depan dipersiapkan supaya bisa dibangun,” tuturnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *