oleh

Pasar Sentral Jadi Pusat Kuliner di Malam Hari

TIMIKA – Warga Timika kini tak perlu kebingungan lagi manakala berburu kuliner kesukaan. Tidak perlu berputar berkeliling kota, tapi cukup ke Pasar Sentral. Di sana bisa didapati beragam jenis kuliner. Ya, pada malam hari, Pasar Sentral Timika berubah menjadi pusat kuliner.

Sudah dua pekan terakhir, lokasi ini menjadi incaran warga Timika. Tidak sekadar berburu kuliner tapi sekaligus menjadi hiburan melepas penat. Pada akhir pekan seperti Sabtu (8/11) malam lalu, ribuan warga memadati halaman depan Pasar Sentral yang menjadi pusat kuliner.

Beragam jenis kuliner mulai dari makanan dan minuman tersedia. Kuliner nusantara dari berbagai daerah bahkan masakan internasional juga bisa dinikmati pengunjung. Para pedagang ini dulunya berjualan di pinggiran jalan, tetapi dipindahkan ke Pasar Sentral.

Setidaknya sudah ada sekitar 200 pedagang yang pindah tanpa dibebani biaya apapun. Malahan di Pasar Sentral fasilitas disediakan secara gratis. Seperti lapak dan listrik. Tidak sama ketika berdagang di pinggir jalan menempati fasilitas milik pengusaha, pedagang kaki lima bahkan harus membayar biaya sewa mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta per bulan.

Meski lapak para pedagang masih seadanya tapi pengunjung tetap menikmati. Bahkan ada yang rela duduk menggelar tikar. Pengunjung bahkan rela antri berdesakan untuk menikmati sajian dengan fasilitas seadanya.

Banyaknya pengunjung membuat arus lalu lintas menuju arah Pasar Sentral sangat padat. Fasilitas parkir penuh sehingga pengunjung parkir kendaraan di jalan raya yang membuat kondisi lalu lintas agak tersendat.

Pembenahan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan mampu merubah Pasar Sentral yang dulunya tidak tertata, kini mulai rapi dan tertib. Hanya saja di bagian depan yang menjadi pusat kuliner masih perlu pembenahan.

Kepala Disperindag, Michael Gomar yang selalu ada memantau aktivitas di Pasar Sentral, Sabtu (8/11) malam lalu mengatakan tahun depan pelataran itu akan ditata sehingga pedagang dan pengunjung bisa lebih nyaman. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *