oleh

Imigrasi Mimika Terbitkan E-Paspor

TIMIKA – Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat maka kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Senin (9/11) kemarin telah resmi bisa menerbitkan E-Paspor.

Kepala kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Jesaja Samuel Enock dalam rilisnya kepada Radar Timika, Senin kemarin menjelaskan, bahwa E-Paspor tersebut untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Mimika.

“Pelayanan permohonan E-Paspor ini menjawab kebutuhan masyarakat Mimika yang ingin memiliki E-Paspor, atau masyarakat yang sudah memiliki paspor biasa yang ingin beralih ke E-Paspor,”ungkapnya.

Menurutnya bahwa untuk pengurusan E-Paspor sendiri, masyarakat cukup melampirkan beberapa persyaratan umum yang bisa digunakan untuk pembuatan E-Paspor.

“Pemohon cukup melampirkan persyaratan E-KTP, kartu keluarga, akta lahir atau ijazah untuk permohonan baru, atau cukup E-KTP dan paspor lama untuk penggantian ke E-Paspor,”jelas Sam Enock.

Sementara untuk biayanya E-Paspor sendiri kata dia, sebesar Rp 650 ribu yang dapat dibayarkan melalui bank ataupun Kantor Pos.

“E-Paspor merupakan jenis paspor yang di dalamnya terpasang chip yang berfungsi untuk menyimpan data biometrik wajah dan sidik jari dari pemiliknya, sehingga lebih aman dan sulit untuk dipalsukan,”urai Kepala kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

Dan untuk pemegang E-Paspor sendiri menurut Sam Enock, akan mendapatkan beberapa keuntungan yakni, Free Visa atau Visa Waiver untuk berkunjung ke Jepang selama 15  hari.

“Cukup mendaftarkan ke Konsulat Jepang sebelum keberangkatan. Keuntungan selanjutnya pemilik E-Paspor dapat memanfaatkan Autogate atau pintu pemeriksaan Imigrasi otomatis, tanpa harus antri pada saat kedatangan atau keberangkatan di counter Imigrasi,”ujarnya. (tns)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *