oleh

Anggaran Lanjutan Fasilitas Air Bersih Kena Refokusing

TIMIKA – Harapan warga Mimika untuk bisa menikmati air bersih yang disediakan oleh pemerintah daerah nampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Pembangunan masih terus berjalan dan belum juga selesai.

Hampir setiap tahun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mimika mengalokasikan anggaran untuk pemasangan jaringan air bersih. Tahun ini juga demikian. Hanya saja mengalami refokusing sehingga anggaran yang awalnya Rp 4 miliar, kini tersisa hanya Rp 1,8 miliar.

Anggaran itu kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Suyani digunakan untuk pemasangan jaringan primer ke arena venue aerosport di SP 5, jaringan sekunder ke area pemukiman dan pemasangan sambungan rumah.

Suyani mengungkapkan untuk menyelesaikan seluruh pemasangan jaringan air bersih membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sementara yang dialokasikan setiap tahun kalau dari proyeksi terbilang cukup kecil sehingga sesuai anggarannya progress juga lambat. “Target kita besar, kalau dana kecil begitu kapan mau selesai padahal dibutuhkan dana besar,” terangnya.

Uji coba jaringan sudah dilakukan tapi tidak sekaligus dengan Water Treatment Plant (WTP) di Kuala Kencana. Suyani mengatakan saat uji coba hanya menggunakan pompa. Tapi air bisa mengalir sampai di sambungan rumah yang sudah terpasang.

Jaringan air menuju venue juga belum bisa dilakukan karena pipa mengalami kebocoran di beberapa titik karena terdampak pemasangan box culver di Jalan SP 2 – SP 5 dan ke arah Mimika Sport Complex. Sehingga uji coba akan dilakukan setelah ada perbaikan sekaligus saat jaringan ke venue aerosport di SP 5 sudah tersambung. (sun)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *