oleh

Lawan Kusta, Puskesmas Wania Kedepankan Langkah Preventif

TIMIKA – Dalam melaksanakan pelayanan Posyandu, petugas Puskesmas Wania SP 1  juga turut melakukan langkah-langkah preventif atau pencegahan terhadap sejumlah penyakit menular, salah satunya yang menjadi fokus mereka adalah melakukan screening untuk pencegahan menularnya penyakit kusta.

Kepala Puskesmas Wania dr Marliana Tarukponno kepada Radar Timika saat ditemui di kantornya, Jumat (13/11) lalu, mengatakan upaya untuk menekan penularan penyakit kusta sejauh ini masih terus dilakukan. Memang di wilayah kerja Puskesmas Wania ada penderita penyakit kusta, namun jumlahnya tidak begitu banyak. Meski demikian Puskesmas terus berupaya melakukan tindakan-tindakan guna memutus mata rantai penularan penyakit tersebut.

Selain upaya kuratif dari Puskesmas, pihaknya juga terus mengedepankan langka preventif untuk memperkecil terjadinya penularan penyakit tersebut. Dan salah satunya melakukan screening pada saat pelaksaaan Posyandu di kampung-kampung maupun kelurahan.

Sebelumnya upaya screning juga dilakukan di sekolah-sekolah. Namun karena aktifitas sekolah belum berjalan lancar, maka mereka hanya memfokuskan saat pelayanan Posyandu serta kegiatan lainnya di masyarakat.

“Sebelumnya untuk pelajar atau anak usia sekolah biasanya dilakukan screening di sekolah-sekolah, tetapi mengingat sekolah masih belum melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti sebelumnya karena situasi pandemi, maka kami fokuskan saat pelayanan Posyandu ,” tukasnya.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *