oleh

Pemda Kaji Kembali Kerjasama dengan Asian One Air

TIMIKA – Tahun 2015 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melakukan pembelian dua armada angkutan udara, yakni satu unit pesawat Cessna Grand Caravan C208 B EX dan satu unit Helikopter Airbus AS 350 B3E/H125.

Dua pesawat itu yang dioperasikan oleh PT Asian One Air selaku operator yang menjalin kerjasama dengan Pemda Mimika lewat perjanjian sewa menyewa. Perjanjian dibuat setiap dua tahun. Enam tahun berjalan, Pemda Mimika bakal meninjau kembali kerjasama dengan PT Asian One Air.

Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Jania Basir Rantedanun yang ditemui di Hotel Grand Tembaga, Senin (23/11) kemarin menilai perjanjian itu sangat global. Tidak diuraikan secara rinci. Sebab hanya memuat kewajiban dan hak Pemda maupun Asian One Air secara umum.

Setiap tahun kata Jania, Pemda Mimika masih harus mengeluarkan anggaran untuk operasional pesawat. Seperti dalam surat perjanjian dimana Pemda yang menyiapkan asuransi, sparepart dan maintenance.

“Jadi tetap saja sebenarnya kalau menurut saya, perjanjian sewa itu ditinjau ulang. Baiknya biaya maintenance dibebankan ke operator. Biar Pemda tidak perlu anggarkan setiap tahun untuk pesawat itu. Nanti ditinjau ulang berapa yang mereka bayarkan ke kita,” jelasnya.

Menurutnya, perjanjian itu juga harus memuat peruntukkan pesawat dalam hal ini untuk apa dan siapa. Seperti yang dipertanyakan oleh masyarakat yang merasa tidak menikmati layanan pesawat milik Pemda Mimika.

Dalam perjanjian, Asian One Air harus membayar Rp 10 juta per jam terbang untuk pesawat dan helikopter Rp 12 juta. Jadi penerimaan daerah dari pesawat tidak menentu setiap bulannya. Seperti dalam tiga bulan terakhir sejak Jania menjabat sebagai Kadishub ia menandatangani penerimaan pada bulan Juli Rp 1,1 miliar, bulan Agustus tidak ada penerimaan dan September Rp 889 juta sekian.

“Sebulan tidak menentu. Tapi kita selalu melakukan rekon, persamaan waktu. Apakah sesuai perhitungan mereka dengan data dari kita,” tandasnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *