oleh

Aki Solar Cell Dicuri, Dinas PUPR Ganti Jaringan PLN pada PJU

TIMIKA – Hampir semua ruas jalan utama di Kota Timika sudah terang dengan terpasangan lampu penerangan jalanan umum. Pemasangan lampu jalan di Mimika ditangani oleh dua Organisasi Perangkat Daerah, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

Dinas PUPR memasang lampu jalan di Jalan Hasanuddin dan Jalan Cenderawasih. Sebelumnya di ruas jalan itu sudah terpasang lampu penerangan jalan, namun menggunakan panel solar cell yang akhirnya tidak berfungsi karena akinya raib dicuri.

Menyikapi itu, Dinas PUPR kini mensiasatinya dengan memakai jaringan listrik dari PLN. Tapi tetap saja menjadi incaran oknum tidak bertanggungjawab. Pasalnya, kabel yang dipasang di bawah tanah, tetap juga dicuri. Akhirnya, untuk menghindari pencuri kabel dipasang membentang. Meskipun langkah ini juga menuai sorotan.

Kepala Dinas PUPR, Robert Mayaut yang ditemui di Hotel Horison Diana Timika, Selasa (24/11) kemarin mengatakan, lampu penerangan di Jalan Hasanuddin seluruhnya sudah terpasang bahkan sudah menyala.

Ia mengatakan, pemasangan mengikuti median jalan yang sudah terpasang. “Jadi kita tunggu ada median baru lanjut. Beda kalau sudah ada space. Meskipun belum ada kanstin. Yang penting lahan sudah tersedia tinggal pasang saja,” terangnya.

Sementara Jalan Cenderawasih masih sementara dalam tahap perbaikan. Seluruh lampu jalan yang rusak diperbaiki. Solar cell diganti dengan jaringan listrik dari PLN. “(Jalan) Cenderawasih sementara diperbaiki. Dulu pakai solar cell tapi aki dicuri, jadi diganti,” ujar Robert. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *