oleh

Pemda Mimika Mulai Implementasikan e-Arsip

TIMIKA – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mulai mengembangkan aplikasi umum bidang kearsipan. Beberapa daerah terpilih, salah satunya Mimika menjadi binaan langsung dari ANRI. Ini langsung disambut baik oleh Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dengan menggelar bimbingan teknis implementasi bagi organisasi perangkat daerah.

Dalam Bimtek yang digelar selama dua hari di Hotel Horison Ultima Timika, mulai Rabu (25/11) kemarin, sekaligus diserahkan aplikasi e-Arsip Terintegrasi yang bernama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Penyerahan dilakukan oleh Direktur Kearsipan Daerah, Muhammad Sumitro kepada Pemda Mimika yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Yocob Toisuta.

Direktur Kearsipan Daerah, Muhammad Sumitro mengatakan Mimika menjadi salah satu dari tiga daerah terpilih untuk pertama kalinya implementasi e-Arsip. Mimika dipilih karena di kancah nasional, dinilai memiliki potensi daerah.

Ia berharap Pemda Mimika dalam hal ini OPD bisa menerapkan e-Arsip. Sumitro menegaskan, kearsipan merupakan salah satu urusan wajib sehingga harus ditindaklanjuti dan diterapkan oleh seluruh OPD. Dengan implementasi e-Arsip maka secara otomatis bisa tersalurkan sampai ke lembaga kearsipan.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari mengatakan peranan arsip menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintahan terutama dalam perkembangan daerah. Apalagi jika penyelenggara pemerintahan dihadapkan pada suatu persoalan berkaitan dengan masa lalu maka itu bisa dilihat kembali melalui arsip.

Arsip yang tertib, baik dan tersusun dengan rapi kata Sasarari akan memudahkan kita dalam melihat dan meninjau kembali pekerjaan dan dokumen yang telah dilakukan. Sehingga arsip merupakan dokumen penting yang harus dijaga.

Sebagai wujud kepedulian Pemda Mimika dalam rangka mengemban tanggungjawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia adalah lewat bimtek penggunaan aplikasi e-Arsip SRIKANDI.

“Bagi Pemerintah Daerah untuk menyeragamkan tata kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja serta meningkatkan tertib administrasi dalam menunjang tugas-tugas pemerintahan maka diterapkan aplikasi e-Arsip untuk memperlancar urusan kearsipan,” terangnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *