oleh

Bappeda Susun Dokumen Bisnis Plan Mimika

TIMIKA – Untuk mewujudkan Mimika sebagai pusat bisnis jasa dan industri, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyusun dokumen bisnis plan.

Hanya saja, dokumen yang disusun oleh pihak konsultan dinilai belum sesuai dengan yang harapan Pemda Mimika. Sehingga dalam pertemuan pada Kamis (26/11) kemarin, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir Syahrial, MM bersama Kepala Bappeda, Ir Yohana Paliling, MSi serta perwakilan OPD meminta konsultan lebih fokus dalam menyajikan data.

Kepala Bappeda, Yohana Paliling mengatakan, dokumen ini akan menjadi acuan dalam pengembangan bisnis di Mimika baik itu pemerintah selaku regulator maupun pihak swasta yang menjalankan bisnis. “Jika data salah, bisa salah ambil keputusan,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir Syahrial, MM mengatakan dalam pembangunan daerah perlu ada perencanaan. Termasuk di bidang ekonomi dibutuhkan berbagai kriteria khusus dalam menentukan sektor-sektor basis atau sektor unggulan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kabupaten Mimika kata Syahrial, merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan khususnya sektor unggulan. Namun masih perlu keseriusan dalam pengelolaan dan pengembangan serta pemasaran yang sinergis.

Peranan pemerintah dan swasta sebagai mitra dikatakan Syharial, harus mampu mengakomodir ke jalur distribusi atau pemasaran dengan target pasar yang jelas. Sehingga komponen dalam bisnis plan dapat tercapai dan dengan sendirinya tingkat pendapatan masyarakat akan meningkat dan bisa memberikan kesejahteraan.

Penyusunan dokumen bisnis plan ini menurut Syharial, untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai ekonomi pada sektor unggulan dan kelembagaan usaha yang akan dikembangkan di Kabupaten Mimika. Hasil analisa kelayanan ekonomi dari dokumen ini menjadi data pendukung pembangunan potensi sektor unggulan Kabupaten Mimika yang terintegrasi, terpadu dan konsisten. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *