oleh

Pemda Diminta Perbaiki Rumah Warga di Ayuka

TIMIKA – Masyarakat di Kampung Ayuka Distrik Mimika Timur Jauh, berharap pemerintah bisa memperbaiki sarana perumahan yang kini dalam kondisi rusak. Baik atap, dinding yang sudah jebol, jendela-jendela yang sudah pecah sampai sarana air yang masih kurang, diharapkan dapat diperbaiki oleh pemerintah.

Anggota Komisi C DPRD, Amandus Gwijangge, Sabtu (28/11), mengatakan setelah ia menemui masyarakat dalam agenda Reses II di Kampung Ayuka dua pekan lalu, masyarakat berharap sarana perumahan mereka bisa diperbaiki, karena kini sudah dalam kondisi yang tidak layak.

Puluhan rumah milik masyarakat yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) ini sebutnya, kini sudah tidak layak huni. Banyak diantara perumahan masyarakat ini yang sudah rusak dan tidak ditinggali lagi oleh masyarakat.

“Masyarakat Ayuka berharap pemerintah bisa datang ke kampung mereka, perbaiki rumah-rumah yang sudah rusak berat ini. Ini sangat disayangkan karena rumah yang dibangun oleh PT Freeport kini sudah banyak yang tidak dihuni akibat sudah rusak,” jelas Amandus.

Politisi PKB ini mengungkapkan, Kampung Ayuka yang letaknya ada di pinggiran kota Timika ini memang jarang sekali mendapat sentuhan pemerintah. Hal ini menurutnya terlihat sendiri dari banyaknya rumah masyarakat yang dibiarkan kosong dan tidak berpenghuni.

Dengan dana APBD yang sangat besar setiap tahunnya menurut Amandus, sangat tidak tepat jika pemerintah tidak memberikan perhatiannya kepada masyarakat pemilik hak ulayat ini.

“Dana besar ini kita harap juga pemerintah bisa sentuh masyarakat. Tidak banyak mereka, hanya berharap agar tempat tinggalnya ini diperbaiki agar mereka bisa jalani aktivitas kehidupan sehari-hari ini dengan baik,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *