oleh

Resmi Dibubarkan, Panitia Rakersin IV KINGMI Bangun Gedung STT WP

TIMIKA – Setelah sukses menggelar Rapat Kerja Sinode IV Gereja Kemah Injil KINGMI di Tanah Papua di Timika beberapa waktu lalu, panitia pelaksana resmi dibubarkan. Tidak hanya sukses sebagai memfasilitasi kegiatan, panitia juga menyisakan satu karya berupa Gedung Sekolah Tinggi Teologi Walter Post Kampus V Timika.

Acara pembubaran yang dirangkaikan dengan peresmian gedung digelar Sabtu (28/11) lalu di halaman Kantor Klasis KINGMI yang berada satu lokasi dengan STT Walter Post Kampus V Timika yang berada di Jalan C Heatubun.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Bendahara II Sinode KINGMI, Melianus Numang, ST dilanjutkan dengan pembukaan pintu oleh Ketua Koordinator Puncak Selatan, Pdt Nikolaus Mom, STh MA. Sebelumnya kunci diserahkan oleh Ketua Panitia, Pieter Edoway. Prosesi ini turut disaksikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemda Mimika, Henriette Tandiono.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemda Mimika, Hendriette Tandiono dalam sambutannya mengatakan, pelayanan gereja terus berkembang sehingga kebutuhan akan hamba Tuhan semakin meningkat. Dan itu terjawab dengan adanya STT WP Jayapura Kampus V Timika yang melahirkan generasi untuk melayani.

Sekolah tinggi teologi lanjutnya, memiliki peranan dalam membangun sumber daya manusia yang berakhlak baik. Lewat wadah inilah tempat belajar meneladani Yesus Kristus sebagai pembawa kasih. Tantangan kedepan menuntut semua orang untuk lebih memfokuskan diri pada perwujudan membangun kejayaan bangsa melalui pencapaian prestasi yang agamis dengan mengedepankan toleransi antar umar beragama dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan yang telah terbina.

Sementara itu Sekretaris I Sinode Gereja Kemah Injil KINGMI di Tanah Papua, Wenior Pakage dalam sambutannya sangat mengapresiasi panitia Rakersin IV yang sudah bekerja maksimal dalam mensukseskan kegiatan.

Bahkan kata dia, panitia berhasil mencatatkan sejarah dimana dana yang tersisa dimanfaatkan untuk membangun Gedung STT WP Kampus V Timika yang tentunya bisa dirasakan oleh umat. Sebab Gereja KINGMI sangat kekurangan tenaga pelayan yang memiliki pendidikan sarjana. Dari 1.736 orang hamba Tuhan yang melayani, 60 persen diantaranya adalah lulusan bahasa daerah dan melayani di wilayah pedalaman.

Ketua Koordinator Puncak Selatan, Pdt Nikolaus Mom, STh MA dalam khotbahnya yang mengangkat bacaan dari Injil Lukas 16:10 mengatakan apa yang dicapai oleh panitia sebagai bukti kesetiaan. Didukung seluruh umat KINGMI di Tanah Papua. “Tapi ingat, Tuhan proses kita dalam perkara kecil. Jika kita setia maka dari situlah Tuhan akan menempatkan kita pada tempat yang lebih besar lagi,” katanya.

STT Walter Pos Jayapura kata dia akan mampu mengeluarkan umat dari ketertinggalan. Sebab Tuhan ingin semua umat bisa maju. Bukan hanya menjadi penonton tapi pelaku yang setia. Untuk itu ia mengajak seluruh umat untuk tetap setia dalam setiap kerja dan tugas.

Ketua Panitia Rakersin IV merangkap Ketua Panitia Peresmian Gedung STT WP Kampus V Timika, Pieter Edoway dalam laporannya mengatakan setelah pelaksanaan kegiatan panitia diberi waktu selama delapan bulan untuk menuntaskan dan menyiapkan pertanggungjawaban.

Pelaksanaan Rakersin IV lalu diungkapkan Pieter mendapat dukungan dari umat dan sinode. Mengenai pendanaan bersumber dari bantuan Bupati Puncak, Willem Wandik sebesar Rp 3 miliar dan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng sebesar Rp 1 miliar. Kemudian lima klasis menyumbang Rp 200 juta lebih.

Selain digunakan untuk mendanai kegiatan, anggaran itu juga yang dipakai untuk membangun gedung STT WP Kampus V Timika. Adapun fasilitas gedung yang dibangun diantaranya ruang prodi setiap jurusan, ruang kantor dan fasilitas lainnya dilengkapi meubelair. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *