oleh

Tim Covid Puskesmas Mapurujaya Kewalahan Lakukan Pengawasan

TIMIKA – Tim kesehatan Puskesmas Mapurujaya yang tergabung dalam tim Covid -19 dan Tim PE, hingga saat ini masih terus melakukan pengawasan setiap kali ada kapal masuk di Pelabuhan Pomako.

Kepala Puskesmas Mapurujaya, Onna Bunga kepada Radar Timika, Rabu ( 2/12) mengatakan, hingga sekarang Tim Covid dari puskesmas terus mengawasi setiap kapal masuk. Terutama bagi penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Pomako.

“Kami Tim Covid dan PE dari puskesmas masih terus mengawasi penumpang kapal turun di Pelabuhan Pomako,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kepada penumpang yang turun dilakukan pemeriksaan yang ketat mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, hingga surat keterangan bebas Covid dari daerah asal yang dibawa oleh penumpang.

Ia menjelaskan, selama melakukan pengawasan belakangan ini pihaknya memang menemukan sejumlah kendala di lapangan. Terutama koordinasi antara lintas sektor, yang tergabung dalam Tim Covid di kawasan Pelabuhan Pomako.

“Kendala kami di lapangan sekarang adalah kurangnya kerja sama tim, dengan sektor terkait yang mengawasi setiap kali ada kapal masuk,” tegasnya.

Ia menyebutkan, akibat dari kurangnya kerja sama dengan sektor terkait untuk mendukung pengawasan penumpang agar melakukan pemeriksaan kesehatan. Sehingga menjadi beban bagi Tim Covid maupun tim PE dari Puskesmas Mapurujaya. Terutama dalam mengatur penumpang yang turun dari dalam kapal.

Ia menegaskan, hal itu membuat petugas kesehatan kesulitan dalam melakukan pemeriksaan. Tidak hanya itu bahkan sejumlah oknum penumpang juga kerap mengabaikan protokol kesehatan.

“Akibat dari kurangnya kerjasama ini, maka protokol kesehatan kadang diabaikan oleh penumpang. Kami kewalahan, karena kami harus periksa mana kami atur penumpang lagi satu-satu untuk dilakukan pemeriksaan,”ungkapnya.

Ia berharap, agar kedepannya menyambut mudik natal dan tahun baru ini lintas sektor yang tergabung dalam Tim Covid khsususnya di kawasan Pelabuhan Pomako untuk lebih bersinergi lagi, dalam melakukan pengawasan saat ada kapal masuk. (itz)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *