oleh

TNI Gelar Bakar Batu Bersama Masyarakat

TIMIKA – Menyambut bulan penuh kasih yakni Desember 2020, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar tradisi bakar batu bersama Polri dan masyarakat di Mimika. Prosesi bakar batu dilaksanakan di lokasi pembangunan markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III di Jalan Poros SP 5, Rabu (2/12) kemarin. Acara yang dilangsungkan dengan tema “Bersama Kita Kuat dalam Iman, Pengharapan dan Kasih” ini, dihadiri sejumlah pimpinan TNI-Polri dan Forkopimda Mimika serta para tokoh masyarakat.

Komandan Satgas Pengamanan Objek Vital Nasional TNI, Brigjen TNI Stevanus Mahuri dalam sambutannya menjelaskan, acara bakar batu memiliki pesan-pesan kemenangan. Bakar batu juga disebutnya memiliki pesan ucapan syukur dan perdamaian. “Jadi luar biasa sebenarnya makna dari acara bakar batu ini,” ujarnya.

“Hari ini adalah gerbang, kita akan menyongsong lahirnya putra Natal, Yesus Kristus. Yesus Kristus datang dengan pesan natal yakni sukacita. Ada damai, pengharapan dan keselamatan. Artinya bakar batu dan perayaan natal ini punya hubungan erat,” sambungnya.

Acara bakar batu sendiri diungkapkannya merupakan gagasan dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz, termasuk Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Ganip Warsito serta sebagian masyarakat yang ada di Jayawijaya, Puncak dan Intan Jaya, serta Mimika. “Diharapkan acara bakar batu serentak ini membawa pesan-pesan damai bagi kita semua. Marilah kita sambut Juru Selamat Yesus Kristus dengan damai,” ungkapnya.

Komandan Korem 174 Anim Ti Waninggap, Brigjen TNI Bangun Nawoko menambahkan, acara bakar batu tersebut sekaligus untuk membuka acara bulan penuh kasih, yakni Desember. “Diharapkan dengan ini, sebulan penuh kedepan tidak ada lagi pertikaian atau kekerasan. Kita saling peduli, mengasihi, menyayangi, berbagi satu sama lain. Tanpa memandang suku, agama, golongan maupun ras,” katanya.

Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengungkapkan dalam acara bakar batu yang melibatkan masyarakat ini, ada 40 ekor babi yang dihidangkan untuk masyarakat. Termasuk bakar sagu dan ikan, serta ayam dan umbi-umbian. Untuk babi yang dibakar, disebutnya merupakan bantuan dari Panglima TNI, Pemda Mimika dan Danrem 174.

“Kita berharap, awal bulan ini kita buat kegiatan dengan doa bersama sehingga pelaksanaan ibadah kedepannya nanti sampai masuk januari bisa berjalan dengan baik, dengan hikmat dan tanpa gangguan,” tutup Letkol Yoga. (dcx)

Penyerahan bantuan berupa babi kepada perwakilan masyarakat dalam acara bakar batu di Lokasi Pembangunan Markas Kogabwilhan III, Rabu (2/12).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *