oleh

Kelola Kearsipan Sesuai Aturan, Dinas Perpustakaan Sosialisasi di Setwan DPRD

TIMIKA – Guna penanganan kearsipan yang baik dan benar serta seragam di lingkup Pemda Kabupaten Mimika, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah melakukan sosialisasi ke Bagian Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD, Jumat (4/12).

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Mut Tanan, mengatakan selama ini penataan arsip-arsip di setiap kantor, dinas dan badan masih amburadul. Penataan kearsipan yang belum tertata dengan sistematis ini sebutnya karena belum adanya pemahaman yang baik sesuai aturan.

Walaupun pihaknya kata Mut sudah sering kali melakukan sosialisasi guna penataan arsip sesuai aturan, namun hal ini belum sepenuhnya dilakukan dengan maksimal oleh pihak-pihak dari instansi pemerintahan ini.

“Walaupun penataan arsip ini masih amburadul, namun sudah menjadi tugas kami untuk membina kearsipan supaya kedepan untuk Timika bisa baik dan benar sesuai dengan undang-undang,” jelasnya.

Dikatakan, sesuai dengan Undang-Undang Kearsipan Nomor 43 Tahun 2009 disebutkan jika lembaga kearsipan mempunyai kewajiban untuk membina penataan kearsipan di setiap OPD dan juga masyarakat.

Khusus untuk OPD yang bersentuhan langsung dengan arsip yang dulu dititikberatkan pada bagian umum ini salah, karena saat ini yang mengelolanya adalah bagian-bagian atau seksi-seksi dan bidang-bidang yang langsung mengurus surat masing-masing.

Terkadang, di satu OPD bisa dikatakan aktif apabila sudah dikelola surat-surat ini selama dua tahun, dan jika sudah inactive atau frekuensi pengelolaannya menurun, maka sudah harus dibawa kembali ke bagian umum atau di bawah bagian sekretariat.

“Jadi masing-masing sudah bersentuhan dengan arsip, namun tidak dititikberatkan di umum tapi harus di bagian seksi atau bidang-bidang yang mengurus surat masing-masing,” jelas Mut.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *