oleh

Meriahkan Hari Noken Sedunia, Warga Timika Bangga Mengenakannya

TIMIKA – Dalam rangka memeriahkan Hari Noken Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Desember, warga Timika bangga mengenakan tas rajutan asli dari Papua ini. Salah satu pihak yang kompak mengenakan noken adalah keluarga besar Yayasan As Salam yang menaungi sekolah Permata Papua. Semua karyawanya yakni para guru dan tenaga pendukung yayasan mulai jenjang TK sampai SMP kompak mengenakan noken dan mengucapkan selamat hari noken sedunia tahun ini.

Direktur Pendidikan Permata Papua, Arifin Adii, mengatakan semua karyawan Permata Papua mengenakan noken pada hari noken sedunia. Para karyawan sebutnya, bangga mengenakan noken sebagai warisan dunia.

“Kita rayakan dalam bentuk memberikan ucapan bersama dan mengenakan noken oleh semua karyawan mulai jenjang TK sampai SMP,” ujar Adii.

Dikatakan, noken bukan hal baru di sekolah ini. Dimana tahun lalu, jenjang SMP sudah mempunyai kegiatan merajut noken. Bahkan pada program pameran hasil karya anak-anak ditampilkan dalam expo internal dalam bisnis day di sekolah.

Dikarenakan tahun ini pandemi Covid-19, maka program yang sama belum bisa dilakukan. Namun, ia berjanji kegiatan pelestarian budaya yang masuk ke pelajaran muatan lokal di sekolah ini tetap akan dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

Untuk diketahui 8 tahun lalu, atau atau tepatnya 4 Desember 2012, Noken Papua ditetapkan sebagai warisan budaya dunia  oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Paris, Prancis.

Noken yang umum dikenal sebagai tas hasil rajutan khas dari Papua diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda (intangible cultural heritage).

Penetapan ini tentu dengan proses  panjang memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebagai upaya perlindungan terhadap warisan budaya tak benda sesuai dengan konvensi perlindungan warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2003.

Penetapan ini berdasarkan  hasil usulan dari Pemerintah Republik Indonesia Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *