oleh

Miras Pemicu Terbesar Timbulnya Kekerasan Seksual, DP3AP2-KB Tangani 33 Kasus Kekerasan

TIMIKA – Sejak bulan Januari sampai Desember 2020, jumlah kasus yang ditangani Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2-KB) kabupaten Mimika mencapai 33 kasus.

Jumlah tersebut paling didominasi adalah kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak, bahkan selama setahun mencapai 20 kasus. Sementara selebihnya adanya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT).

Kepala Dinas DP3AP2-KB Kabupaten Mimika,Maria Rettob kepada Radar Timika saat ditemui di Tongkonan, Senin (7/12) mengatakan, sepanjang tahun ini 20 kasus kekerasan seksual menimpa anak di Mimika.

Ia menuturkan,  kasus tersebut terjadi karena banyak faktor penyebab salah satunya adalah pengaruh minuman keras (Miras). Sehingga berdampak pada sejumlah kasus yang terjadi itu, yang paling sering dijumpai dalam kasus KDRT.

Ia mengatakan, dari jumlah kasus tersebut sampai sekarang ini ada beberapa kasus yang sudah ditangani dan selesai, serta ada juga masih dalam proses penyelesaian oleh pihak berwajib dalam hal ini pihak kepolisian.

“Sampai sekarang ada yang sudah selelsai penanganannya, ada juga yang masih dalam proses,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan bahwa pelaku kejahatan ini secara psikologis tidak ada gangguan apa-apa. Artinya pelaku ini rata-rata dalam normal. Dan penyebab terjadinya serangkaian kegiatan tindak kejahatan tersebut dilatarbelakangi dengan faktor yang berbeda-beda.

Ia menambahkan, untuk pelaku  itu ditangani oleh pihak kepolisian, sedangkan korban ditangani DP3AP2-KB dengan melakukan pendampingan.

“Untuk korban  ada yang masih kami dampingi sampai sekarang ini, kami dampingi itu sampai korban kembali pulih dan kasusnya selesai ditangani,” tukasnya. (itz)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *