oleh

Disperindag Rutin Lakukan Tera Ulang Alat UTTP Setiap Tahun

TIMIKA – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Michael R Gomar, Rabu (9/12) mengatakan setiap tahun pihaknya rutin melakukan tera ulang, yang bertujuan agar penjual dan pembeli tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan.

Tera sebagai tanda uji pada alat ukur, sementara tera ulang adalah pengujian kembali secara berkala terhadap alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya (UTTP) dan ukuran yang dipakai dalam perdagangan, sehingga dapat memastikan akurasi setiap alat ukur, alat takar, dan alat timbang ini akan dilakukan setiap tahun sebagai agenda rutin Disperindag.

“Ini kegiatan rutin yang akan kita lakukan untuk mengetahui dan memberikan jaminan hukum kepada pelanggan atau konsumen,” jelasnya.

Dengan dilakukan tera ulang sebutnya, meminimalisir terjadinya ketidakbenaran pada saat konsumen melakukan transaksi pembelian bahan pokok ataupun BBM. Setiap tahun kata Gomar, pihaknya akan melakukan legalisasi kembali terhadap semua objek tera yang ada. Pihaknya tetap melakukan tera ulang dan fungsi pengawasan Disperindag terhadap penyaluran dan pengelolaan mobil-mobil tangki minyak, jobber Pertamina, SPBU, para pedagang yang menggunakan UTTP, Disperindag tetap melakukan pengawasan.

Pengawasan sebutnya berjalan selama satu tahun anggaran dan juga melakukan tera ulang secara rutin setiap tahun. Tera ulang sendiri akan dilakukan selama kurang lebih dua minggu. Jika dalam pengawasan dan pemerintah menemukan adanya indikasi kecurangan dalam penggunaan UTTP, maka pihaknya yang mempunyai pegawai berhak yang mendapatkan SK dari Kementerian berhak melakukan penyegelan.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *