oleh

Dinas PUPR Buat Analisis Dampak Lalu Lintas Venue

TIMIKA – Untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 mendatang di Kabupaten Mimika, telah dibangun beberapa venue diantaranya stadion sepakbola, panjat tebing, gedung billiard, venue futsal, aerosport dan Mimika Sport Complex.

Pembangunan dan operasional venue yang akan menjadi tempat perhelatan cabang olahraga mengakibatkan peningkatan lalu lintas pengguna jalan yang menyebabkan peningkatan pembebanan lalu lintas baik oleh kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun sepeda motor yang keluar masuk venue.

Untuk meminimalisir dampak lalulintas yang timbul dari beberapa pembangunan dan operasional venye maka diperlukan upaya manajemen dan rekayasa lalu lintas. Namun sebelumnya harus dilakukan kajian Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin).

Pemda Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menyusun kajian Andalalin yang sudah masuk dalam tahap finalisasi. Sebelum ditetapkan, dokumen itu kembali dipersentasikan pihak konsultan kepada Pemda Mimika dalam seminar yang digelar Jumat (11/12) kemarin di Hotel Horison Ultima Timika.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Ir Syahrial, MM dalam sambutannya mengatakan Andalalin merupakan salah satu kajian yang digunakan untuk mengidentifikasi dampak lalu lintas akibat terjadinya perubahan guna lahan, yang mengakibatkan timbulnya bangkitan dan tarikan perjalanan yang akan mempengaruhi kinerja lalu lintas pada ruas jalan.

Kajian Andalalin ini kata Syahrial adalah studi secara komprehensif mendata dan menganalisis berbagai aspek lalu lintas dari kegiatan pembangunan venue untuk kemudian ditarik berbagai kesimpulan dan rekomendasi pengelolaan sarana dan prasarana fisik yang direncanakan.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *