oleh

Iwaka Belum Terjangkau Jaringan Telekomunikasi

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika bersama operator telekomunikasi sudah menghadirkan jaringan di beberapa wilayah pesisir. Tapi, Kampung Iwaka yang masih berada di pinggiran Kota Timika dan bisa diakses lewat jalur darat, belum terjangkau sinyal telekomunikasi.

Persoalan ini menjadi salah satu keluhan masyarakat Iwaka yang disampaikan kepada Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM disela-sela agenda pencanangan Iwaka sebagai desa wisata budaya pada Sabtu (12/12) lalu di Iwaka.

Ada banyak harapan dan permintaan masyarakat Iwaka yang disampaikan kepada Wabup Rettob. Itu disimbolkan dengan pemberian noken kosong yang berarti harapan dari warga agar bisa diisi melalui program pembangunan dari pemerintah.

Ada juga persoalan seputar PT PAL yang beroperasi di wilayah Iwaka. Bahkan salah satu koperasi yang menaungi masyarakat sudah mengajukan gugatan ke pengadilan untuk menuntut penutupan PT PAL agar tidak beroperasi lagi.

Permintaan ini direspon baik oleh Wabup Rettob. Mengenai jaringan telekomunikasi, Wabup menyatakan dalam beberapa kali kunjungannya ia sudah mendapatkan aspirasi itu dan sudah menyampaikan ke Telkomsel. “Setelah kembali dari sini saya akan kembali tanya Telkomsel sudah sampai dimana,” katanya.

Tapi ia menjanjikan, jaringan telekomunikasi pasti masuk di Iwaka. Hanya saja ia meminta warga bersabar karena untuk pembangunan tower BTS membutuhkan proses. Telkomsel Timika masih harus mengajukan ke pusat untuk mendapat persetujuan.

Meski demikian Wabup Rettob menyadari, Iwaka memang masih minim perhatian dari pemerintah. Padahal potensinya sangat besar dari sisi budaya yang menjadi destinasi wisata dan juga memiliki dusun sagu yang luas sebagai potensi pangan.

“Tadi mereka bilang desa tertinggal padahal tidak jauh dari Kota Timika. Tapi ternyata desa ini tertinggal jauh seperti Kota Timika. Jadi saya berharap pekerjaan ini pekerjaan besar, kolaborasi kita luar biasa semua OPD turut serta bersama mewujudkan pembangunan berkelanjutan, mulai dari akses jalan,” paparnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *