oleh

Pemda Diminta Maksimalkan Target Pendapatan

TIMIKA – Pemda Kabupaten Mimika diminta untuk memaksimalkan target pendapatan dari sektor retribusi maupun pajak. Berbagai potensi yang bisa mendatangkan pendapatan diharapkan dapat dikejar oleh Pemda dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah.

Mengingat APBD 2021 merosot nilainya hanya Rp 3,6 triliun, sedangkan kebutuhan yang harus dipenuhi tahun ini cukup banyak, maka dinas teknis diharapkan dapat menggali sumber-sumber yang bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi Nasdem Anthon Pali’ saat menyampaikan pidato dalam rapat paripurna dalam rangka pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD terhadap RAPBD 2021, Sabtu (12/12).
Fraksi Nasdem kata Anthon, mengapresiasi Pemda dan TPAD yang telah berusaha untuk mengalokasikan nilai APBD 2021 ini walaupun di tengah situasi pandemi covid-19. Di masa sulit seperti saat ini, tingkat pendapatan daerah memang sangat merosot tajam. Perekonomian dibuat lesu sebab penerimaan bagi daerah ini juga sangat terpengaruh akibat pendapatan masyarakat yang juga menurun.

Untuk mensiasati hal ini, kata Anthon, Pemda tetap diberikan catatan agar tetap memaksimalkan potensi penerimaan daerah baik retribusi maupun pendapatan lainnya. Arah kebijakan dan infrastruktur guna menunjang PON XX yang akan difokuskan dalam penggunaan APBD 2021 ini, namun juga soal pembentukan SDM yang berkualitas dan kesejahteraan rakyat.

Menjawab tantangan agar Pemda terus menggali sumber PAD baik dari sisi retribusi maupun pajak, Pj Sekda Jeni O Usmany mengatakan Pemda terus melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi melalui Satgas pajak daerah.

Dengan pemungutan retribusi terhadap objek yang baru, yakni pajak parkir seperti di Pasar Sentral dan Wisata Mangrove di PPI Pomako sebut Jeni, sudah mulai dilaksanakan oleh Pemda agar PAD bagi daerah tetap bertambah walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *