oleh

Total Anggaran Rp 23 M, Proyek Bantuan Pembangunan Rumah Ibadah Rampung

TIMIKA – Pada Tahun Anggaran 2020 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika membantu sejumlah tempat ibadah dalam menjalankan pembangunan fisik maupun melengkapi sarana prasarana peribadatan. Proyek dengan total keseluruhan sebesar Rp 23.966.625.000 itu sudah rampung.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Marthen Sawy yang ditemui di Gedung Tongkonan saat menghadiri kegiatan pameran, Senin (14/12) kemarin mengatakan ada 30 kegiatan fisik yang dijalankan dan 4 pengadaan. “Jumlah anggaran setelah refokusing Rp 23.966.625.000 itu yang kami kelola,” jelasnya.

Kegiatan fisik itu dijelaskan Marthen bervariasi. Ada yang berupa pembangunan pagar, pembangunan gedung, pembangunan pastori serta pemasangan lantai keramik. Artinya Pemda Mimika turut serta membantu dalam proses pembangunan.

Tahun ini kata dia hanya ada dua pembangunan gereja yang hampir utuh meskipun tidak sampai tuntas karena disesuaikan dengan plafon anggaran yang tersedia. Rumah ibadah yang dibantu oleh Pemda Mimika dalam proses pembangunan tersebar di beberapa wilayah mulai dari kota hingga pinggiran.

Seperti pemasangan lantai keramik GPI Torsina. Pembangunan pagar GKI Solafide Mapurujaya. Lanjutan pembangunan Gereja Katolik SP 1 dengan anggaran Rp 1,1 miliar. Untuk gereja Katolik SP 1 ini sudah merupakan tahap ketiga bantuan dari Pemda namun belum sampai tuntas. Tidak hanya gereja atau tempat ibadah umat nasrani, Pemda Mimika kata Marthen juga membantu pembangunan masjid.

Marthen menambahkan adanya refokusing anggaran untuk penanganan Covid-19 membuat pagu anggaran untuk Bagian Kesra Setda Mimika mengalami penurunan tersisa Rp 23 miliar lebih. Dana itulah yang dipakai untuk bantuan pembangunan rumah ibadah.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *