oleh

3.719 Honorer Diwajibkan Ikut Ujian Kompetensi

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika akan menggelar ujian kompetensi bagi seluruh tenaga honorer. Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ada 3.719 honorer yang diwajibkan mengikuti ujian kompetensi.

Kepala BKPSDM Mimika, Hermalina Imbiri yang ditemui di kantornya, Senin (14/12) mengatakan data 3.719 honorer ini berdasarkan hasil verifikasi dari pemberkasan beberapa bulan lalu. Namun ia menegaskan ini tidak berkaitan dengan rencana pengangkatan honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berdasarkan surat edaran yang ditujukan kepada semua OPD, bahwa ujian kompetensi ini dilakukan dalam rangka mengetahui jumlah jumlah tenaga honorer maupun kontrak sesuai dengan kebutuhan setiap organisasi untuk memberikan pelayanan publik secara adil dan merata. “Ujian kompetensi ini dilakukan karena banyak yang tidak bekerja, hanya tinggal di rumah tapi tiap bulan terima gaji,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan ujian kompetensi, BKPSDM bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan menerapkan sistem CAT atau komputer sama halnya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Rencananya ujian digelar selama tiga hari pada 28-30 Desember 2020 di dua lokasi, yakni SMP Negeri 2 Mimika dan SMP Negeri 11 Mimika. BKPSDM dalam waktu dekat menerbitkan jadwal test bagi setiap honorer.

Hermalina mengatakan, ada standar penilaian yang akan diterapkan. Namun soal penentuan honorer dinyatakan lulus kembali ke pimpinan daerah dalam hal ini Bupati.

Mengenai pengusulan menjadi CPNS, data dari 3.719 honorer itu juga sudah diserahkan ke BKD Provinsi Papua. selanjutnya menjadi tanggungjawab BKD Provinsi Papua untuk menyerahkan ke Kemenpan RB. Namun sampai saat ini belum ada petunjuk teknis pelaksanaan maupun kuota CPNS bagi Kabupaten Mimika. (sun)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *