oleh

Wamen PUPR Dorong Pemda Aktif Lobi Program Pusat

TIMIKA – Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) memiliki banyak program pembangunan di daerah. Untuk itu Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo mendorong Pemerintah Daerah untuk lebih aktif melakukan lobi.

John Wetipo disela-sela kunjungannya di Timika, Selasa (15/12) lalu kepada wartawan mengatakan, jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di kabupaten maka pembangunan akan lambat. Padahal APBN juga tersedia untuk membantu setiap kabupaten.
Namun kata dia, agar program pusat bisa dijalankan di daerah maka para Bupati harus aktif melakukan lobi program di kementerian. Bukan hanya Kementerian PUPR tapi juga kementerian dan lembaga lain yang juga memiliki banyak program.

Di Kementerian PUPR misalnya kata John Wetipo, ada program bedah rumah milik masyarakat yang memang tidak layak huni. Ada juga program ‘kotaku’. “Seribu rumah pun bisa kita programkan untuk kita bedah,” ujarnya.

Sayangnya ia menilai sebagian besar Pemda di Papua maupun Papua Barat belum memanfaatkan peluang ini dan hanya mengandalkan APBD yang sebenarnya sangat kecil. Berbeda dengan kabupaten lain di luar Papua yang secara aktif melakukan lobi program di kementerian.

“Kenapa para Bupati di Papua tidak manfaatkan ini untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *