oleh

100 Kilometer Jalan Trans Papua Ruas Timika-Nabire Belum Diaspal

TIMIKA – Jalan Trans Papua yang dibangun pemerintah pusat untuk ruas Timika-Nabire sebenarnya sudah tersambung. Namun sekitar 100 kilometer dari jalan itu belum diaspal. Baru sebatas pembukaan badan jalan.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional VI Timika, Paimin yang ditemui ketika mendampingi Wamen PUPR, John Wempi Wetipo pada Selasa (15/12) lalu mengatakan jalan Trans Papua ruas Timika-Nabire sudah tersambung.

Tapi memang kata Paimin, jalan tersebut masih sebatas fungsional. Hanya bisa dilalui kendaraan khusus. Pasalnya masih ada sekitar 100 kilometer yang belum diaspal. Bahkan pada beberapa bagian grade masih tinggi sehingga masih harus dilakukan penurunan agar lebih landai.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menangani total 333 kilometer jalan nasional di Timika melalui Satker PJN VI Timika. Dari total 333 kilometer dengan titik nol dari Katedral Tiga Raja itu masih ada 100 meter yang belum diaspal. “Jadi akan dikerjakan secara bertahap,” kata Paimin.

Adapun ruas jalan nasional dihitung mulai dari titik nol di depan Katedral Tiga Raja di Pomako sepanjang 40 kilometer. Kemudian ruas kedua Simpang Pelabuhan Rakyat mengarah ke Simpang Mayon, SP 13 sepanjang 32,4 kilometer. Dari Simpang Mayon itu lanjut lagi sampai di Wagete.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *