oleh

Timika Bakal Punya Enam Eksportir Hasil Laut ke Mancanegara

TIMIKA – Kabupaten Mimika sudah punya tiga pengusaha yang bergerak di bidang ekspor hasil laut ke Kuala Lumpur. Ditargetkan pada awal tahun 2021 mendatang akan ada tambahan tiga pengusaha lainnya yang turut melakukan proyek yang sama.

Dengan penambahan eksportir dari Timika, maka gairah perekonomian khususnya untuk mengangkat sektor hasil laut dari pesisir akan tumbuh dan berkembang.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Timika, I Made Aryana, Rabu (16/12) menyebutkan di tahun 2019 hingga 2020 sudah ada tiga pengusaha yakni UD Putri Desi, UD Harapan Nurdiana Jaya dan yang terbaru PT Bartuh Langgeng Abadi yang melakukan ekspor kepiting ke Kuala Lumpur.

“Kedepanya masih ada tiga calon eksportir yang kita sudah mulai didik dari nol, kita ajarin biar bisa di tahun 2021, Januari sudah pasti,” ujarnya.

Dengan dukungan pihaknya sebut Aryana, maka tiga calon eksportir ini yakni PT Perinus, CV Anugrah Sea Food Mimika akan melakukan ekspor hasil laut berupa udang, ikan dan produk perikanan lainnya.

Dari kondisi pengolahan ikan yang akan melakukan ekspor tahun depan kata Aryana, tergantung juga dari tipe dan standar yang dinilai. Jika standarnya bagus, bukan saja ekspor bisa dilakukan di negara Asia saja, melainkan bisa sampai ke Eropa.

Sampai saat ini, selain sektor hasil laut, sektor lainya yakni pertanian tambah Aryana sedang dikembangkan dengan bekerja sama dengan Bank Indonesia. Selain BI, kedepannya Bea dan Cukai Timika akan bekerja sama dengan Lembaga Peningkatan Eksport Indonesia termasuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *