oleh

Pengukir Serahkan Patung Ukiran ke Pemda Mimika

TIMIKA – Sebagai tanda terima kasih karena mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui beberapa program, salah satunya pameran yang baru dilaksanakan dua hari lalu, pengukir menyerahkan beberapa patung ukiran ke Pemda Mimika.

Patung berukuran besar itu diserahkan oleh para pengukir yang difasilitasi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, kepada Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika pada Kamis (17/12) kemarin.

“Jadi ini sukarela dari masyarakat yang diberikan kepada Pemda,” kata Alberthin Timang.

Kepala Bidang Kebudayaan, Alberthin Timang, SE ketika menyerahkan patung ukiran itu mengatakan ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih dari para pengukir karena Pemda Mimika melalui beberapa program berupaya untuk menghidupkan baik melalui pameran hingga pemberian alat ukir. “Jadi ini sukarela dari masyarakat yang diberikan kepada Pemda,” kata Alberthin Timang.

Sesuai arahan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Yulianus Sasarari pada saat penutupan pameran di Tongkonan, agar patung ukiran itu diserahkan ke Bagian Umum dan Perlengkapan sebagai penanggungjawab dan pengelola gedung Kantor Pusat Pemerintahan.

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika, Hengki Selitubun yang menerima langsung patung tersebut sangat mengapresiasi para pengukir dan Disparbudpora. Hanya saja kata dia, untuk pemasangan mengingat ukurannya besar maka harus meminta petunjuk Bupati karena berkaitan dengan penataan Kantor Pusat Pemerintahan.

Tidak hanya itu, ukiran yang dianggap sakral oleh masyarakat Suku Kamoro ketika pemasangan harus dilakukan acara adat. Sehingga ketika pemasangan nanti, Bagian Umum dan Perlengkapan akan tetap melibatkan masyarakat dalam hal ini pengukirnya sendiri. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *