oleh

Jam Operasi Tempat Hiburan Kembali Dibatasi

TIMKA – Dalam rangka menjaga ketertiban dan kenyamanan serta menghormati umat Kristiani dalam menjalankan ibadah Natal dan tahun baru, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika kembali membatasi jam operasi tempat hiburan.

Pembatasan itu tertuang dalam Instruksi Bupati Mimika Nomor 12 Tahun 2020 tentang Larang Penjualan Minuman Beralkohol, Pembatasan Waktu Operasional Tempat Hiburan dan Penimbunan Bahan Makanan Selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Instruksi tersebut ditujukan kepada para pemilik bar, diskotik, kafe, panti pijat, club malam, tempat biliar, hotel hingga pedagang atau distributor minuman beralkohol dan bahan kebutuhan pokok. Adapun instruksinya, pedagang dilarang memperjualbelikan minuman beralkohol. Tempat hiburan hanya diizinkan beroperasi pada pukul 18.00 WIT sampai 21.00 WIT. Sementara pada siang hari tidak diizinkan beroperasi khususnya untuk bar, diskotik, kafe, panti pijat dan biliar.

Melalui instruksi itu juga Bupati menegaskan kepada para pedagang untuk tidak menimbun bahan kebutuhan pokok masyarakat, karena akan menyebabkan gejolak harga yang menganggu pasokan kebutuhan masyarakat.

Mengingat ini dalam masa pandemi Covid-19, para pedagang dalam menjalankan aktivitas usahanya baik di pasar, pusat perbelanjaan, toko, kios, restoran dan hotel yang beroperasi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu poin dari instruksi itu juga mencantumkan sanksi bagi pihak yang melanggar atau tidak mentaati ketentuan. Adapun sanksi yang dikenakan berupa penutupan tempat usaha, pencabutan izin usaha dan sanksi lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *