oleh

Keputusan Belajar Tatap Muka Dikembalikan ke Orang Tua

TIMIKA – Sejak adanya keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem yang membolehkan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah, disambut gembira oleh sebagian masyarakat.  Di Mimika, belum ada keputusan pasti akan dibukanya kembali sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Pj Sekda Mimika, Jeni Usmany, SPd MPd yang juga Kepala Dinas Pendidikan ketika ditemui Jumat (18/12) lalu di Dinas Koperasi dan UKM, mengatakan semuanya dikembalikan ke orang tua murid.

Pada awal tahun ajaran 2020/2021, Pemda Mimika kata Jeni sudah mencanangkan tiga model pembelajaran, salah satunya tatap muka untuk sekolah yang berada di daerah pinggiran, pesisir dan pedalaman karena masuk kategori zona hijau.

Sementara di wilayah kota ada dua metode, yakni guru kunjung dan belajar online. Mengingat kasus di Timika kala itu meningkat maka model pembelajaran guru kunjung tidak efektif. Akhirnya dibuatlah kegiatan belajar dari rumah, karena saat itu ada klaster sekolah baik murid maupun guru yang terpapar Covid-19.

Untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka pada awal semester genap mendatang, dikatakan Jeni sebenarnya sekolah sudah siap. Hanya saja melihat perkembangan kasus Covid-19, Pemda Mimika belum berani mengambil risiko.

“Orang ngomong gampang. Nanti ada masalah, orang lain yang diminta tanggung jawab. Pemerintah tidak mau ambil risiko,” tuturnya.

Makanya dalam kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah, Dinas Pendidikan dan pihak sekolah tetap mengembalikan ke orang tua untuk mengambil keputusan. Sekolah sudah membuat standar mengikuti protokol kesehatan. “Tapi orang tuanya mau tidak. Karena ada orang tua yang tidak mau anaknya tatap muka dan kita mengikuti apa yang orang tua mau,” jelasnya.

Orang tua lanjut Jeni, tentu tahu apa yang menjadi prioritas bagi anaknya. Pemda Mimika sudah menerapkan beberapa model pembelajaran di era new normal, tapi semuanya dikembalikan ke orang tua. Ini tidak hanya berlaku untuk sekolah Negeri, tapi juga swasta yang harus mengikuti arahan dari Pemda Mimika.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *