oleh

Pemda Diminta Perhatikan Musibah Banjir di Atuka

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika diharapkan dapat memberikan bantuan atas musibah banjir yang terjadi di Kampung Atuka Distrik Mimika Tengah. Banjir yang terjadi akibat air pasang tinggi  atau naiknya permukaan air laut (ROB) yang terjadi berapa hari lalu di pesisir Mimika itu, membuat masyarakat setempat membutuhkan dukungan dari pemerintah.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD, Thobias Albert Maturbongs, Senin (21/12). Air pasang yang mencapai ketinggian 39 derajat, sebutnya baru terjadi tahun ini sehingga merusak rumah warga dan beberapa fasilitas umum di Distrik Mimika Tengah, Mimika Barat dan Mimika Timur Jauh.

Politisi PDIP ini mengatakan jika dampak banjir membuat masyarakat cukup sulit untuk beraktivitas dan mereka membutuhkan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, terutama sembako. Di sinilah sebutnya, menjadi peranan dari pemerintah untuk memperhatikan masyarakatnya yang tertimpa musibah. Dengan dana yang tidak sedikit pada APBD, ia berharap pemerintah bisa menyisihkan anggaran tersebut untuk kepentingan menolong masyarakat.

“Sejauh ini kami belum melihat keseriusan pemerintah atau respon atas musibah. Hal ini harus segera ditindaklanjuti. Pemerintah harus segera turun lihat kampung dan membantu masyarakat,” jelasnya.

Dinas teknis kata Thobias seperti Dinas Sosial, BPBD diharapkan dapat langsung turun ke lokasi kampung guna memastikan kondisi masyarakat di sana. Selain di Atuka, kata Thobias masyarakat yang juga membutuhkan dukungan pemerintah adalah di Kampung Kokonao. Kokonao yang juga terkena dampak banjir ini mengalami kerusakan jalan masuk kampung. Untuk itu ia menyarankan ke depannya pemerintah bisa memprogramkan bantuan pembangunan jalan dengan cor dan bukan paving block lagi.(ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *