oleh

Jalanan Kota Timika Semakin Terang

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika terus merubah wajah Kota Timika. Jalan utama diperlebar dan dilengkapi fasilitas penunjang, salah satunya lampu jalan. Hampir semua jalan utama dalam Kota Timika saat ini sudah terang dengan terpasangnya lampu penerangan jalan umum. Ini sebagai bentuk respon Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika terhadap keluhan masyarakat atas minimnya penerangan jalan.

Kolaborasi dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersama Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dalam menjalankan program pemasangan lampu jalan sehingga jalanan Kota Timika semakin terang.

Pada Tahun 2020, dua OPD tersebut masing-masing mengalokasikan anggaran dan sudah terealisasi. Untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memasang penerangan di Jalan Hasanuddin, Jalan Cenderawasih dan sebagian Jalan Yos Sudarso.

Khusus untuk lampu yang dipasang oleh Dinas PUPR menggunakan jaringan PLN karena sebelumnya pernah memakai solar cell, tapi rusak bahkan menjadi sasaran aksi pencurian.

Sementara Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan masih menggunakan panel surya atau solar cell sebagai sumber daya penerangan. Semua lampu sudah terpasang dan sudah menyala. Termasuk di Jalan Yos Sudarso mulai dari Nawaripi sampai SP 1 kini sudah terang. Bahkan di Jalan SP 2 – SP 5 serta Jalan Irigasi.

Adapun alokasi anggaran seperti yang diakses melalui website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Mimika, dimana pada Tahun 2020 dari Dinas PUPR untuk pemasangan lampu Jalan Cenderawasih yang dikerjakan multiyears tiga tahun yakni 2020, 2021 dan 2020 sebesar Rp 6.719.500.000.

Sementara Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan mengalokasikan untuk empat ruas jalan yakni Jalan Budi Utomo sebesar Rp 2.519.824.163. Jalan SP 2 – SP 5 sebesar Rp 2.499.000.000. Jalan Hasanuddin Rp 3.920.000.000. Jalan Yos Sudarso Rp 4.900.000.000.

Selain untuk tujuan penerangan jalan, pemasangan lampu jalan ini juga untuk memperindah Kota Timika. Ini sejalan dengan perkembangan dan pertumbuhan Kota Timika yang digadang-gadang menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Selain lampu jalan, juga dipasang lampu taman dan hias oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dengan anggaran sebesar Rp 1.967.200.000. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *