oleh

2021, Freeport Awali Ekspor ke Spanyol

TIMIKA – Mengawali tahun 2021, PT Freeport Indonesia yang merupakan pengguna jasa utama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai/KPPBC Tipe Madya Pabean (TMP) C Timika, pada Rabu (6/21) melakukan ekspor perdananya. Dengan produk berupa Konsentrat Tembaga dan mineral ikutannya, kegiatan eksport ini dilakukan dengan lancar. Kegiatan ekspor tersebut sejumlah 22.000 WMT tersebut diangkut oleh kapal MV Atlantic Diana dengan tujuan Huelva, Spanyol.

Berdasarkan rilis tertulis dari KPPBC TMP C Timika, Rabu (6/1) lalu, disebutkan untuk melakukan ekspor tersebut, PT Freeport Indonesia telah menyumbangkan penerimaan negara Rp 45 miliar, yaitu terdiri dari penerimaan bea keluar sebesar Rp 33,98 miliar dan PPh 22 Ekspor Rp 11,03 miliar.

Disebutkan pula adanya penerimaan Bea Keluar dengan perhitungan Kurs  Rp 14.228/USD, dengan tarif  5% dan Harga Patokan Ekspor (HPE) : 2.171,67.

Kepala KPPBC TMP Timika, I Made Aryana mengatakan, selama ini PTFI selalu mematuhi aturan yang ditetapkan Pemerintah dalam hal kegiatan Ekspor dan Impor.

I Made Aryana selaku Kepala Kantor BC Timika mengharapkan adanya peningkatan jumlah produksi konsentrat tembaga oleh PT Freeport Indonesia dan tentu saja penambahan volume kuota ekspornya, sehingga nantinya akan berbanding lurus dengan penerimaan negara yang akan diterima pada tahun anggaran 2021 ini.

“Semoga kedepannya bea cukai Timika dapat terus memberikan kontribusinya untuk Bea Cukai makin baik,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *