oleh

Bansos Tahap Pertama Segera Disalurkan

TIMIKA – Presiden Joko Widodo sudah meluncurkan penyaluran bantuan sosial tahap pertama. Kepala Dinas Sosial Mimika, Petrus Yumte memastikan untuk Mimika akan segera dilakukan pada bulan Januari ini. Petrus Yumte mengungkapkan ada beberapa jenis bantuan sosial yang digulirkan oleh pemerintah pusat. Pertama adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang memang sudah berjalan rutin bahkan sebelum pandemi Covid-19.

Soal jumlah penerima PKH di Mimika sekarang ini, ia belum bisa memastikan berapa banyak. Apakah mengalami penambahan atau berkurang, Petrus Yumte juga belum mengetahui. “Data penerima tidak terlalu banyak berubah. Jumlah uang juga sama apakah jumlah KPM bertambah atau tidak itu belum diketahui,” jelasnya.

Tapi ia memastikan penyaluran PKH tahap pertama akan dilakukan pada bulan ini. Tidak hanya PKH, Bantuan Sosial Tunai (BST) yang digulirkan selama pandemi Covid-19 diungkapkannya tetap berjalan. Berbeda dengan PKH yang dibayarkan langsung ke rekening penerima, BST justru dibayarkan secara tunai melalui Kantor Pos.

Bantuan pangan non tunai dikatakan Petrus Yumte juga tetap berjalan. Hanya saja sejak periode Oktober 2020, model penyaluran yang selama ini diberikan dalam bentuk pangan berupa beras kini dirubah dalam bentuk uang.

“Sebelum Oktober masih dalam bentuk beras. Sekarang tidak tahu pertimbangannya apa dialihkan semua dalam bentuk uang, tapi yang menyalurkan kantor pos. Sekarang tunai, pembayarannya per triwulan,” paparnya.(sun)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *