oleh

Disdik Diminta Evaluasi Sekolah yang Siap Belajar Tatap Muka

TIMIKA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika harus melakukan evaluasi terhadap sekolah-sekolah yang menyatakan diri siap melaksanakan aktivitas belajar tatap muka di semester genap ini.

Selama hampir satu tahun, sekolah-sekolah sudah melaksanakan sistim pembelajaran daring sehingga kini saatnya siswa-siswi bisa kembali belajar dari sekolah. Namun, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, sekolah dengan kesiapan penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dievaluasi juga oleh pemerintah.

Politisi PDIP, Julian Solossa, Senin (11/1) di Kantor DPRD mengatakan wakil rakyat mendukung apabila sekolah-sekolah sudah mulai melakukan belajar tatap muka yang direncanakan akan digelar pada awal pekan depan.

“Kami mendukung, asal ada evaluasi dari Dinas Pendidikan terhadap sekolah-sekolah yang mau adakan belajar tatap muka, itu diketahui dulu,” ujarnya.

Sampai saat ini, masyarakat kata Solossa masih kebingungan karena beredar informasi dari Pemerintah Provinsi Papua dan perkembangan pendidikan dari kacamata Disdik Mimika. Jika memang Disdik sudah melihat dan memantau situasi perkembangan sekolah mulai PAUD sampai SMP jika sudah memenuhi syarat untuk menerapkan protokol kesehatan, maka belajar tatap muka sudah bisa dilaksanakan.

Sebelum penerapan belajar tatap muka kembali dibuka, sekolah kata pemerhati pendidikan ini, pemerintah melalui sekolah-sekolah juga harus menggiatkan sosialisasi kepada siswa-siswinya agar patuh pada penerapan protokol kesehatan.

Belajar tatap muka kata Solossa, memang diharapkan dapat dilaksanakan sebab pembelajaran online dari rumah tidak efektif. Selain itu, para orang tua juga sudah mengalami kendala yang kurang baik sebab harus berpikir untuk mencari nafkah serta tetap mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah.

“Anak-anak ini sudah tidak bisa dan orang tua sudah kewalahan selama ini, kalau sudah siap, maka buka sudah (sekolah),” tukasnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *