oleh

DPRD Dorong Bangkai Kapal di Pomako Dirupiahkan

TIMIKA – Legislator Komisi B DPRD Mimika Tanzil Azharie, Sabtu (16/1) mendorong pemerintah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika untuk merealisasi rencana lelang bangkai kapal laut di sekitar perairan Mimika di Pomako.

Dengan dirupihakan maka bangkai-bangkai kapal laut di perairan Mimika ini bisa menjadi sumber pemasukan bagi kas daerah.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, ia sebelumnya telah melakukan kunjungan kerja bersama Legislator DPR RI Yan Mandenas serta melaporkan data-data terkait kapal-kapal yang disita pemerintah di wilayah itu.

Keberadaan kapal-kapal rusak di perairan Pomako itu selain merusak pemandangan juga mengancam habitat alam sekitar. Oleh karenanya ia mendorong agar OPD pemerintah terkait menjual rongsokan itu sebagai ‘besi tua’ dan bisa mendatangkan pedapatan bagi kas daerah.

“Bangkai-bangkai kapal yang ada di wilayah pelabuhan Pomako dan pesisir pantai ini bisa dirupiahkan, ini tentu bisa menambah pendapatan untuk daerah ini,” ujar Tanzil.

Lanjutnya, dalam usulanya ini ia juga mewanti agar tidak ada permainan ‘kong kali kong’ dalam transaksi pemerintah dan pihak ketiga atau pengusaha itu, sehingga keuntungannya maksimal bagi daerah Mimika. Bahkan ia mengklaim siap mendatangkan investor untuk mengelola bangkai kapal itu menjadi rupiah bagi keuntungan daerah.

Tanzil menambahkan, ia juga menyoroti kebersihan di wilayah pelabuhan itu yang seharusnya apabila dikelola dengan baik oleh dinas, dapat membawa keuntungan bagi pengembangan pariwisata di Mimika.

Belum lagi kepentingan para nelayan kecil lokal Mimika yang tergerus karena aktifitas kapal-kapal besar dari luar daerah yang  menangkap ikan dengan pukat harimau dan lainnya. Pemerintah diminta ‘melek, terhadap hal itu dan melakukan penertiban sehingga kekayaan laut Mimika dapat benar-benar dinikmati dengan maksimal oleh warganya sendiri.

Dinas Kelautan dan Perikanan Mimika dinilai perlu menggandeng TNI Angkatan Laut dan Kepolisian Sat-Pol Air sehingga bisa lebih bertaring menjaga perairan Mimika, dengan mengalokasikan pos dana untuk terwujudnya pengamanan laut itu. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *