oleh

Relawan Timika untuk Penanganan Gempa di Sulbar Jadi Lima Orang

TIMIKA – Ketua Baznas Mimika, H Umar Habib memastikan, relawan dari Timika untuk penanganan dan evakuasi korban gempa di Majene-Mamuju Sulawesi Barat bertambah tiga orang. Sehingga, total ada lima orang relawan menyusul diberangkatkannya tiga orang pada Sabtu (16/1).

H Umar Habib, Minggu (17/1) sore mengatakan, dua orang telah diberangkat lagi dari Timika untuk membantu evakuasi korban gempa. Sedangkan satu orang yang merupakan warga Timika kebetulan berada di Makassar, dan berniat untuk turut membantu sehingga ketiganya langsung berangkat dari Makassar menuju lokasi gempa.

“Mereka sudah sampai menyusul dua relawan lain yang sudah berangkat dari Jumat,” ujarnya.

Sementara itu, H Umar Habib juga memastikan, tim relawan Baznas Tanggap Bencana Timika yang telah berangkat sejak Jumat menjadi tim pertama yang sampai di lokasi gempa. Di perjalanan, diungkapkannya, timnya sempat mengalami kendala seperti material longsor yang menutupi jalan.

“Total ada delapan titik longsor. Beda-beda lokasi. Tim kami baru bisa tiba jam 12 siang kemarin setelah melewati titik longsor terakhir,” jelasnya.

“Mendapat hambatan begitu, tim kita menghubungi BPBD setempat, termasuk aparat terkait dengan meminta alat berat untuk melakukan pembersihan jalan supaya jalan bisa dilalui. Itu mendapat apresiasi bahkan dari Baznas Pusat,” ungkapnya.

Tim yang sudah berangkat dipastikan telah memulai, untuk mengevakuasi korban gempa khususnya yang berada dibawah reruntuhan. H Umar Habib menyebut sampai Minggu, ada dua orang yang berhasil dievakuasi timnya.

“Itu semalam (Sabtu). Dievakuasi ke rumah sakit. Paginya tim sudah bergabung dan sudah berada di Posko utama Baznas Sulbar di Mamuju,” kata Umar Habib.

Sebelumnya, ia menceritakan, timnya yang berangkat pada Jumat cukup mendadak. Sebab subuh hari, belum ada gambaran mengenai gempa di Sulbar. Tetapi Jumat paginya, pihaknya mendapati kiriman video yang menjelaskan situasinya.

“Akhirnya diputuskan hari itu juga rapid. Setelahnya cari tiket, untungnya ada dan tim langsung berangkat,” tutupnya. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *