oleh

Acara Nikahan Masih Jalan, Satgas: Kita Bubarkan

TIMIKA – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sudah sepakat untuk melarang segala bentuk kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumunan, tidak terkecuali acara pernikahan bahkan syukuran sekalipun untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Sejak adanya kesepakatan bersama pada (11/1) lalu, warga Mimika masih kerap menggelar acara pernikahan. Satgas Covid-19 belum mengambil tindakan karena masih sebatas sosialisasi. Tapi mulai kemarin, Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 menegaskan akan membubarkan acara pernikahan atau kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan.

Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Paulus Dumais, Senin (18/1) kemarin menggelar pertemuan membahas teknis pelaksanaan pengawasan di lapangan. Adapun bidang ini terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kodim 1710/Mimika, Lanud Yohanis Kapiyau, Lanal Timika, Polres Mimika dan Sub Den POM.

Kepala Dinas Satpol PP, Paulus Dumais yang ditemui usai pertemuan mengatakan, penindakan mulai diberilakukan bagi pelanggar protokol kesehatan. Terutama kegiatan yang mengakibatkan kerumunan salah satunya acara pernikahan. “Kita akan tindak dan bubarkan,” tegasnya.

Pengawasan terhadap warga yang tidak memakai masker akan ditingkatkan pada siang hari. Jika ada pelanggar akan diberi sanksi sosial. Sementara pada malam hari, Satgas akan fokus pada aktivitas masyarakat dan dunia usaha yang melanggar jam malam yang sudah ditetapkan.

Bagi dunia usaha yang tetap beroperasi di atas pukul 21.00 WIT akan diberikan sanksi secara bertahap, mulai dari teguran pertama, kedua dan pada ketiga kalinya berupa pencabutan izin usaha. Sejak adanya instruksi Bupati, Satpol PP sudah melayangkan teguran ke beberapa dunia usaha terutama tempat hiburan yang memang masih bandel.

Sementara untuk masyarakat sendiri, Paulus menyatakan dengan sosialisasi setiap hari warga mulai membatasi aktivitas di luar rumah pada pukul 21.00 WIT. Adapun yang masih berkeliaran diberikan teguran.

“Mulai hari ini (kemarin) dan selanjutnya kita akan tindak karena sosialisasi sudah dilakukan. Penindakan ada yang dalam bentuk sosial bagi pelanggar yang tidak pakai masker sampai penindakan bagi kegiatan kerumunan di bar atau restoran hingga pencabutan izin,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *