oleh

Beberapa Raperda Belum Dapat Nomor Register Dari Pemprov

TIMIKA – Beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan sudah mendapat persetujuan dari DPRD Mimika. Namun sampai saat ini belum mendapat nomor register dari Pemerintah Provinsi Papua.

Raperda yang belum mendapat nomor register itu mengenai perubahan Perda maupun Perda baru terkait pajak dan retribusi daerah salah satunya Raperda tentang tempat pelelangan ikan di PPI Pomako dan Raperda tentang pemanfaatan kekayaan daerah.

Kepala Bagian Hukum Setda Mimika, Muhammad Jambia Wadan Sao yang ditemui beberapa hari lalu mengatakan baru Perda tentang Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah mendapat nomor registrasi dari Pemprov Papua. Sementara Raperda non APBD lainnya masih dalam proses.

Jambia mengatakan, Raperda yang berkaitan dengan pajak dan retribusi memang prosesnya agak lama karena harus dievaluasi oleh Pemprov bahkan pusat. Desember lalu, Pemda Mimika mengkonfirmasi ke Bapenda Provinsi. “Dari Bapenda provinsi sampaikan bahwa tunggu dari Gubernur. Nanti surat registernya mereka yang urus. Mereka keluarkan Sk Gubernur, sampai sekarang belum,” ungkapnya.

Kata dia Raperda ini sudah lama dinantikan karena diharapkan bisa mendongkrak penerimaan daerah. Salah satunya Raperda tentang PPI Pomako yang akan menjadi dasar penarikan retribusi daerah. Selama belum ada nomor register maka tetap memakai Perda lama dengan tarif pajak dan retribusi yang lama pula.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *