oleh

Selama Covid-19, Malaria Mendominasi Penyakit di Puskesmas Pasar Sentral

TIMIKA – Selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Mimika, penyakit malaria masih mendominasi di Puskesmas Pasar Sentral. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Puskesmas Pasar Sentral yang berlokasi di Jalan Hasanuddin ini tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal.

Dengan dukungan 48 tenaga kesehatan mulai dokter, bidan, perawat, tenaga analis kesehatan, tenaga gizi, tenaga laboratorium, Puskesmas Pasar Sentral juga memberikan pelayanan pemeriksaan test rapid antigen.

Kepala Puskesmas Pasar Sentral, Pina Lambi, SKM saat ditemui Radar Timika, Sabtu (23/1) mengatakan selama masa pandemi ini pihaknya memberikan pelayanan kesehatan khusus untuk masyarakat pada pagi hari saja. “Kami memberikan satu pelayanan saja, pagi hari,” ujarnya.

Dikatakan Pina, khusus untuk pelayanan test rapid antigen diberikan pada siang hari yakni hari Senin, Rabu dan Jumat. Walaupun kini masyarakat masih berada di bawah bayang-bayang Covid-19 yang terus bertambah namun kata Pina, pihaknya tetap optimis bisa membantu pemerintah untuk tetap melayani masyarakat di bidang kesehatan.

Para tenaga kesehatan yang masuk dalam tim promosi kesehatan kata Pina, selalu berupaya maksimal agar penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan oleh masyarakat yang datang berkunjung.

Di tengah situasi pandemi ini, penyakit yang paling banyak diderita masyarakat adalah malaria. Penyakit malaria masih mendominasi kunjungan dan tidak mengenal usia. “Masih tinggi sih malaria tetap,” jelasnya.

Dalam pelayanan kesehatan sendiri, tambah Pina tidak ada rawat inap. Puskesmas hanya melakukan pelayanan di pagi sampai siang hari saja. Ditambahkannya, selain pelayanan kesehatan di dalam gedung, aktivitas lainya seperti imunisasi di luar gedung Puskesmas yakni di pos-pos kesehatan yang berada di wilayah kerja Puskesmas ini tetap dijalankan. “Posyandu tetap dijalankan,” tutupnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *