oleh

Empat Hari Paska Vaksin, Kadinkes: Sampai Saat Ini Fresh

TIMIKA – Vaksinasi Covid-19 di Mimika sudah dimulai sejak Jumat (22/1) lalu. Ada 14 orang tokoh publik, salah satunya Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra, SSi MEpid. Ditemui Senin (25/1) kemarin usai menghadiri rapat evaluasi di Hotel Grand Mozza, Reynold mengaku tidak mengalami keluhan berlebihan.

Pasca vaksin, ia mengungkapkan belum ada laporan dari pihak yang sudah divaksin kemudian mengalami kejadian ikutan paska imunisasi. Reynold mengatakan yang ia rasakan paska vaksin, sempat merasa ngantuk. Tapi itu hanya beberapa saat dan sampai saat ini sudah kembali fresh. “Sampai saat ini masih fresh,” katanya.

Meski begitu, ia tetap harus lebih ketat dalam menjaga kondisi kesehatan agar bisa mengikuti vaksin kedua kalinya pada 5 Februari mendatang. Vaksin harus dua kali agar antibodi bisa terbentuk sempurna. Makanya meskipun sudah vaksin pertama harus tetap patuh protokol kesehatan agar tidak terinfeksi Covid-19.

Saat ini vaksinasi masih menyasar tenaga kesehatan. Dari 2 ribu sekian orang nakes sudah 210 yang sudah menerima vaksin. Berdasarkan data dari sistem informasi SDMK Kementerian Kesehatan ada 1.124 orang nakes di Mimika yang harus menerima vaksin.

Reynold mengatakan kriteria pemberian vaksin juga berlaku bagi tenaga kesehatan. Diantaranya tidak pernah positif Covid-19, sedang hamil atau menyusui, memiliki komorbid, memiliki riwayat HIV, TB dan penyakit lainnya. Ada juga yang masih terunda dengan alasan hipertensi bahkan sedang tidak berada di tempat.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *