oleh

DPMPTSP Pastikan Galian C di SP 2 Ilegal

TIMIKA – Aktivitas galian C di sekitar SP 2 dipastikan tidak memiliki izin atau ilegal. Itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mimika, Willem Naa saat ditemui disela-sela acara peresmian Kantor PB PON Sub Mimika, Jumat (29/1) kemarin.

Dinas PMPTSP Mimika kata Willem Naa, tidak pernah memberikan rekomendasi kepada pengusaha manapun untuk melakukan penangambilan material golongan C di sekitar SP 2. Baik di sekitar Jembatan Selamat Datang maupun di Jalan Poros SP 2 – SP 5. “Itu tanpa izin semua. Itu melanggar tata ruang,” tegasnya.

Izin galian C kata Willem memang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi tapi harus ada rekomendasi dari Pemda Mimika. Pemda Mimika sendiri tidak pernah memberikan rekomendasi apapun sehingga dipastikan Pemprov tidak menerbitkan izin untuk galian C. Bahkan dulu, Pemprov Papua pernah menerbitkan izin tapi Pemda Mimika minta untuk dibatalkan dan akhirnya dibatalkan.

Jadi sekarang ditegaskannya, tidak boleh ada aktivitas galian C di sekitar Kota Timika karena sudah dipusatkan di Iwaka. Willem Naa berharap Satpol PP bisa mengambil tindakan tegas terhadap empat pengusaha yang saat ini beroperasi di wilayah SP 2. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *