oleh

Penarikan Retribusi Parkir di Pasar Sentral Mulai Pakai Portal Otomatis

TIMIKA – Sejak pertengahan Tahun 2020 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mulai menarik retribusi parkir bagi semua pengunjung Pasar Sentral. Untuk menghindari adanya kebocoran, maka penarikan retribusi kini menerapkan sistem komputer dengan portal otomatis.

Uji coba sudah dilakukan beberapa hari dan Jumat (29/1) kemarin resmi diluncurkan oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika, Michael Gomar dan dihadiri beberapa pejabat.

Wabup Mimika, Johannes Rettob memberikan apresiasi kepada Disperindag yang terus melakukan inovasi layanan salah satunya menyediakan portal otomatis untuk penarikan retribusi parkir. Menurut Wabup ini merupakan cara yang dilakukan pemda untuk membuat Pasar Sentral semakin tertib khususnya dalam hal parkir.

Selain itu retribusi parkir ini bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Tertibnya yang paling penting, uang yang dikumpul pasti disetor ke kas daerah karena terdaftar by sistem. Tidak ada lagi pikiran negatif,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat Mimika bisa mengikuti aturan yang diterapkan Pemda Mimika dan turut menjaga fasilitas yang disediakan. Juga kepada Disperindag diminta selalu mengawasi dan merawat fasilitas yang sudah ada agar bisa lebih bermanfaat. “Kita sudah mulai mengarah ke sana, semua digitalisasi sebagai implementasi smart city. Semua fasilitas parkir di Mimika akan dibuat seperti ini,” kata Wabup Rettob.

Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar menambahkan penerapan portal otomatis ini dalam rangka menunjang visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD yakni mewujudkan Mimika Cerdas Aman Damai dan Sejahtera.

Portal otomatis kata Gomar, merupakan salah satu alat terkecil sebagai pembelajaran menuju Mimika Smart City. Dimana setiap pengunjung yang datang ke Pasar Sentral harus mentaati setiap aturan dan tentunya memberi kontribusi bagi daerah. “Dengan digitalisasi portal otomatis kurangi penyelewenangan karena semua terdata di komputer dan itu jadi tanggungjawab kami. Setiap tiga hari kami setor ke kas daerah,” paparnya.

Portal otomatis disediakan di pintu masuk dan pintu keluar. Pada pintu masuk setiap pengendera mengambil karcis dengan cara menekan tombol baru plang terbuka. Ada tiga jalur yang disediakan. Satu untuk mobil dan dua untuk kendaraan roda dua. Sementara di pintu keluar menjadi tempat pembayaran. Karcis yang diambil pada pintu masuk wajib diserahkan kembali untuk discan pada komputer oleh petugas. Jadi karcis yang sudah diambil tidak boleh hilang.

Adapun tarif retribusi parkir di Pasar Sentral, untuk kendaraan roda dua Rp 1.000. Kendaraan roda empat 2.000 dan roda enam Rp 3.000. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *