oleh

Tim Mulai Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

TIMIKA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sudah membentuk tim khusus untuk melakukan penertiban bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dalam tim ini, DPMPTSP melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Kepala DPMPTSP Mimika, Willem Naa yang ditemui Jumat (29/1) saat menghadiri peresmian kantor PB PON Sub Mimika mengatakan, tim sudah dibentuk dan siap turun untuk melakukan penertiban yang dimulai dengan pendataan.

Bangunan di sepanjang jalan utama kata Willem Naa menjadi sasaran utama pendataan seperti Jalan Cenderawasih, Jalan Budi Utomo, Jalan Hasanuddin, Jalan Yos Sudarso dan jalan utama lainnya. Bahkan bangunan di kawasan pemukiman dipastikan juga menjadi target operasi.

Tidak hanya bangunan yang tidak memiliki IMB yang bakal ditertibkan. Willem Naa menegaskan, meskipun sudah mengantongi IMB, tapi fisik bangunan berubah dan IMB tidak diperbaharui, maka tetap jadi target. “Kita batalkan IMB-nya,” katanya.

Ia menyatakan, banyak bangunan di sepanjang jalan utama yang melanggar aturan. Sehingga kata Willem Naa, Pemda Mimika akan mengambil tindakan tegas dengan membongkar bangunan karena dianggap bandel. “Kita sudah dapatkan data di lapangan, kita akan daftar kolektif dan membatalkan IMB dan dibongkar oleh Satpol PP,” ungkapnya.

Penertiban dikatakan Willem tetap melalui prosedur. Namun pembongkaran pasti dilakukan. Pemilik diberi kesempatan bongkar sendiri, jika tidak maka pemerintah atau Satpol PP yang akan bergerak karena itu sudah melanggar aturan sehingga harus diberi sanksi.

Ada satu bangunan yang nampaknya akan menjadi target pertama yakni sebuah bangunan di depan Lanud Yohanis Kapiyau. Bangunan tersebut menurut Willem memang mengurus IMB tapi pelaksanaan di lapangan berbeda karena membangun di atas daerah aliran sungai. DPMPTSP akan membatalkan IMB tersebut dan pembangunan tidak boleh dilanjutkan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *