oleh

SK Pengangkatan Tenaga Honorer Diminta Sesuai Aturan

TIMIKA – SK Pengangkatan terhadap 400 tenaga honorer khusus bagi warga asli Mimika Amungme dan Kamoro, diharapkan dapat dilaksanakan seusai dengan aturan dan instruksi Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi Mimika Bangkit, Leonardus Kocu, Senin (1/2). Dikatakan, jatah 400 kursi tenaga honorer bagi putra-putri asli daerah ini diminta untuk dilaksanakan sepenuhnya. Pengangkatan ini juga diharapkan bisa berlangsung dengan bijak tanpa ada titipan dari luar jalur atau pihak lain.

“Kami harap SK pengangkatan untuk putra-putri Amungme dan Kamoro tenaga honorer ini dilakukan sesuai dengan instruksi Bupati, diharapkan tidak ada titipan dari luar,” jelasya.

Lanjut Kocu, ia berharap bila kuota 400 kursi itu juga bagi Orang Papua lainnya selain Amungme dan Kamoro harus jelas juga pembangiannya seperti 50:50. Jika ini dilakukan, maka juga sejalan dengan prinsip keberpihakan yang tertuang dalam Otonomi Khusus (Otsus).

Selain itu Kocu juga mewanti-wanti jangan sampai ada titipan-titipan yang menggunakan kesempatan dalam kesempitan, apalagi mengatasnamakan orang Amungme Kamoro serta Papua lainnya padahal orang itu di luar, bukan peruntukkannya.

Para pejabat di lingkup Pemkab Mimika diminta untuk menghormati jatah bagi Orang Asli Papua untuk masuk dan berkiprah membangun tanahnya sendiri di bidang pemerintahan.

Politisi Partai Perindo itu menambahkan, kini saatnya kesempatan dibuka lebar bagi keberpihakan pada Orang Asli Papua meniti karir di pemerintahan. Membangun SDM asli Mimika dan Papua pada umumnya, baik dengan pelatihan maupun dengan pengalaman lewat kepercayaan jabatan yang diembankan, sehingga SDM asli daerah ini akan semakin mumpuni memegang tampuk pemerintahan.

Kocu menegaskan, para tenaga honorer Amungme dan Kamoro dan Papua lainnya ini diprioritaskan dengan tujuan dan maksud untuk mempersiapkan diri dalam rangka meneruskan estafet kepemimpinan di lingkup Pemkab Mimika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *